Demi Keselamatan, Dorna Sports Ubah Jadwal Balapan GP Qatar

Kamis, 28 Februari 2019 - 17:31 WIB
Demi Keselamatan, Dorna Sports Ubah Jadwal Balapan GP Qatar
Demi Keselamatan, Dorna Sports Ubah Jadwal Balapan GP Qatar
A A A
MADRID - Jadwal seri pedana MotoGP di Grand Prix Qatar pada 10 Maret mendatang kemungkinan akan mengalami perubahan jadwal. Itu sebagaimana disampaikan CEO Dorna Sprots, Carmelo Ezpeleta.

Ezpeleta mengindikasikan adanya perubahan jadwal balapan di Sirkuit Losail, setelah dia mendengarkan sejumlah keluhan para pembalap. Salah satunya mengenai masalah keselamatan pembalap yang terpaksa memulai balapan pada malam hari, waktu setempat.

Jorge Lorenzo merupakan salah satu pembalap yang paling kritis mengomentari mengenai keselamatan selama mengaspal di Sirkuit Losail. Karenanya, dia mengusulkan agar Dorna Sports bisa memertimbangkan usulan tersebut lantaran dinilai balapan pada malam hari terlalu berbahaya.

Selain faktor temperatur dan kelembapan kerap berubah, kondisi cuaca (hujan) juga bisa menambah bahaya balapan seri perdana MotoGP . Pasalnya, pantulan cahaya di Sirkuit Losail bisa menyebabkan pembalap mengalami kecelakaan.

"Saya mengalami tabrakan besar di penghujung malam (selama tes pramusim) karena suhunya turun. Itu sebabnya, mengapa saya ingin berbicara dengan orang-orang yang memutuskan jadwal lomba karena jika kita bisa mengatakannya lebih awal, akan jauh lebih baik untuk keselamatan para pembalap," jelas Lorenzo dikutip dari Autosport, Kamis (28/2/2019).

"Mudah-mudahan kita dapat memodifikasi ini setengah jam, satu jam, lebih awal. Karena jika kita kurang beruntung untuk balapan di malam yang sangat dingin, itu akan berbahaya," sambungnya.

Keluhan itu mendapat sambutan positif dari Ezpeleta. Setelah melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Lorenzo untuk membahas masalah ini, pria berkacamata itu akhirnya terbuka untuk mengubah jadwal balapan di GP Qatar, satu jam lebih cepat (19.00/waktu setempat) dari yang dijadwalkan (20.00/waktu setempat).

"Saya sudah membicarakannya dengan Jorge, dengan pembalap lain, dan kami harus mengevaluasi situasinya. Saat ini tidak ada yang diputuskan, tetapi jika ada di tangan kami untuk meningkatkan keselamatan para pembalap, kami akan melakukannya. Jika ada kondisi yang benar-benar berbahaya kami akan menerapkan perubahan," cetus Ezpeleta.

Perubahan Jadwal GP Qatar:

MotoGP: 19.00 waktu setempat
Moto2: 17.20 waktu setempat
Moto3: 16.00 waktu setempat
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7140 seconds (0.1#10.140)
pixels