Sirkuit MXGP 2019 Jakabaring Selesai, Palembang Sambut Peserta Asing

Selasa, 25 Juni 2019 - 13:52 WIB
Sirkuit MXGP 2019 Jakabaring Selesai, Palembang Sambut Peserta Asing
Sirkuit MXGP 2019 Jakabaring Selesai, Palembang Sambut Peserta Asing
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memastikan Kota Pempek siap jadi tuan rumah MXGP 2019 pada 5-7 Juli mendatang. Bahkan seluruh sirkuit dan kawasan wisata disebut sudah siap menyambut para crosser dan penonton.

"Saya rasa Sumatera Selatan, khususnya di Palembang telah siap jadi tuan rumah MXGP tahun 2019 ini. Persiapannya pun tinggal sedikit lagi," terang Herman Deru seusai MoU dengan tiket.com di Griya Agung, Palembang.

Menurutnya, Sirkuit MXGP seharusnya dibangun di lahan seluas 20 Hektare di komplek Jakabaring Sport City. Namun karena kondisi tanah cukup labil, sirkuit akhirnya dipindahkan ke Komplek OPI Mal.

Di kawasan ini, sirkuit dibangun secara maraton jelang pelaksanaan pada 5-7 Juli nanti. Meskipun baru kali pertama jadi tuan rumah, Herman Deru optimistis penyelenggaraan akan sukses.

"Saya optimis ini berjalan dengan baik. Awalnya saya berpikir ini hanya mimpi, ternyata MXGP kelas dunia ini bisa diselenggarakan. Bahkan untuk waktu penyelenggaranya yang cukup mepet, akhir bulan sirkuit sudah selesai," kata Herman Deru.

Selain memastikan sirkuit selesai, Herman Deru mengaku turut memastikan agr semua lapisan masyarakat dapat menyaksikan. Termasuk pedagang dan pengrajin bisa terlibat penjualan souvenir dan kuliner.

"Kami tidak berorientasi pada profit, tapi kami ingin masyarakat terlibat dan bisa terlibat didalamnya. Apakah ini sebagai penjual souvenir atau kuliner. Bahkan ya, bagaimana caranya pempek ini semakin mendunia dan kawasan wisata kita bisa terkenal," ujarnya.

Setelah penyelenggaraan MXGP selesai, Herman Deru mengaku tak ingin sirkuit mangkrak begitu saja. Herman Deru pun sudah menyusun rencana secara matang agar ada penyelenggaraan motocross tingkat nasional dengan Piala Gubernur.

"Kita sudah pertimbangkan ini, jadi nanti setelah slesai akan ada motocross Piala Gubernur. Untuk waktunya nanti dijadwal setelah MXGP ini selesai. Sehingga ada bibit-bibit atlet dari Sumsel," ujar Herman Deru.

Dengan begitu, Herman Deru berharap ke depan ada kroser-kroser kelas dunia yang lahir dari Bumi Sriwijaya. Sehinga tujuan Palembang menjadi tuan rumah dan mencetak bibit atlet dapat tercapai.

"Tujuan utamanya ya itu, ada bibit-bibit atlet dari sini. Anak-anak muda kita ini jadi kroser-kroser kelas dunia dan bisa kita melihat mereka bersaing di tingkat Internasional," katanya.

Sementara Chairman IndoMXGP 2019, Irwansyah menyebut persiapan sirkuit telah mencapai 90 persen. Seluruhnya ditargetkan selesai pekan ini sebelum para kroser tiba di Palembang.

"Sudah 90 persen untuk sirkuitnya, kita targetkan selesai pekan ini. Mengingat pekan depan itu para kroser 28 negara dan official udah datang ke Palembang," kata Irwansyah.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7131 seconds (0.1#10.140)