Ganda Putra Pindah Latihan Ke Solo, Ganda Campuran Berenang

Sabtu, 29 Juni 2019 - 07:48 WIB
Ganda Putra Pindah Latihan Ke Solo, Ganda Campuran Berenang
Ganda Putra Pindah Latihan Ke Solo, Ganda Campuran Berenang
A A A
JAKARTA - Banyak cara dilakukan tim pelatih Pelatnas Bulu Tangkis Inconesia di Cipayung Jakarta Timur untuk mengantisipasi kepenatan fisik dan mental para pemain karena padatnya jadwal latihan dan pertandingan. Tim ganda putra 'pindah latihan' sejenak dari Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur ke Solo, Jawa Tengah.Dikomandoi Pelatih Kepala Ganda Putra Herry Iman Pierngadi, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan kawan-kawan boyongan ke Solo selama tiga hari, sejak Rabu (26/6) lalu hingga Jumat (28/6). Semua pemain ganda putra utama mengikuti acara ini, kecuali Marcus Fernaldi Gideon yang berhalangan karena sang anak sedang sakit.Para atlet ganda putra utama yang terbang ke Solo di antaranya Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan, dan lainnya. "Sebenarnya kami mau ganti suasana saja, supaya melepas penat dan me-refresh lagi supaya tidak jenuh dan lebih happy latihannya dengan suasana baru," ujar Herry dikutip dari Badmintonindonesia.org.
"Latihan di sini selama tiga hari, dari Rabu sampai Jumat. Jenis latihannya main game saja. Selain itu kami juga pergi bersama-sama untuk mencicipi kuliner di sini," tambah Herry.

Ganda Putra Pindah Latihan Ke Solo, Ganda Campuran Berenang

Fajar mengatakan bahwa acara ini membuatnya lebih fresh dan siap untuk menjalani latihan serta turnamen selanjutnya. "Di sini kegiatannya sama dengan di pelatnas, latihan, makan dan tidur. Tapi bedanya di sini kami bisa nyoba makanan khas Solo, kemarin sudah nyoba soto, tengkleng dan wedangan," ucap Fajar.

Di sisi lain, tim ganda campuran pelatnas menghilangkan kepenatan dengan melakukan relaksasi dan recovery di kolam renang. Para pemain pelatnas utama dan pratama ganda campuran yang didampingi asisten pelatih Nova Widianto dan pelatih fisik Felix Ary Bayu Marta, mengisi sesi latihan dengan berenang bersama di Cibubur, Jakarta Timur.

Disebutkan coach Felix, sesi latihan ini selain bisa untuk relaksasi dan recovery, juga bermanfaat bagi atlet dalam melatih pernafasan mereka. Sebelum renang, mereka diberi program untuk latihan nafas. "Dari kemarin-kemarin kan mereka latihannya berat sekali, jadi memang sudah biasa di hari Jumatnya diisi dengan renang. Kira-kira jadwalnya itu seminggu sekali," kata Felix

"Manfaatnya banyak sekali yang pasti recovery, dan karena tempat renangnya beda, bisa buat refreshing juga. Jadi ini seperti latihan sprint yang pindah dari trek lari ke kolam renang, tapi impact atau benturannya lebih kecil dibanding lari," jelasnya.

Lebih lanjut, Felix menuturkan bahwa olahraga di air membuat otot lebih rileks. Tim ganda campuran juga berendam di jacuzzi, aliran air hangat di jacuzzi bermanfaat untuk relaksasi otot dan melancarkan peredaran darah.

"Sebetulnya berenang tidak membuat atlet jadi kelelahan, tapi justru rileks, makanya bisa dilakukan saat persiapan mau tanding. Contohnya yang sudah kita terapkan dan lihat hasilnya sendiri waktu di Asian Games 2018 lalu," tutur Felix.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4415 seconds (0.1#10.140)