Besok, 61 Pereli Tampil di Asia Pacific Rally Championship 2019

Kamis, 25 Juli 2019 - 21:32 WIB
Besok, 61 Pereli Tampil di Asia Pacific Rally Championship 2019
Besok, 61 Pereli Tampil di Asia Pacific Rally Championship 2019
A A A
DELISERDANG - Sedikitnya 61 Pereli sudah siap dan dipastikan akan bertanding di ajang Asia Pacific Rally Championship (APRC) lintasan Kabupaten Deliserdang - Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (26/7/2019).

Setelah 10 tahun absen, APRC kembali hadir di Sumut pada 26-28 Juli 2019. Dari total 61 peserta, paling banyak dari Sumut terdiri 26 Pereli. Kemudian DKI Jakarta 17 Pereli, Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan masing-masing 4 Pereli, Jawa Barat Pereli, Jawa Timur 2 Pereli, dan Bali 2 Pereli. Bahkan Pereli asal Italia, Fabio Friziero dipastikan turun di APRC kali ini. Pereli yang akan menggeber Peugeot 208 ini akan berlaga di kelas RC2 APRC Round 2.

"Manajernya sudah melakukan registrasi pendaftaran kepada panitia," jelas Ketua Pengurua Provinsi (Pengprov) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Faisal Arif Nasution di Sekretariat penyelenggara APRC, Gedung Cadika Pramuka, Lubuk Pakam, Kamis (25/7/2019).

Menurutnya, Fabio Friziero dengan navigator Giovani Agnesse telah tiba di Medan sejak Selasa (23/7/2019). Mereka juga sudah melakukan survey berbayar dan menjajal lokasi reli di Rambungsialang, Kabupaten Serdang Bedagai. Selain Fabio Friziero, pereli nasional Ryan Nirwan dengan navigator Garindra Kusuma dan Subhan Aksa dengan navigator Mago Sarwono juga dipastikan akan meramaikan APRC tersebut.

Dari sejumlah nama peserta, ada pula calon rival Friziero di kelas APRC dari Indonesia, yaitu H Rihan Variza yang berpasangan dengan navigator Andi Rendy. Ajang bergengsi ini merupakan kali pertama bagi Rihan untuk mengibarkan bendera tim HRVRT dengan menjajal mobil Mazda2 spek APRC homologasi FIA.

Tiga nama pereli lainnya yang juga akan berebut posisi di kelas APRC, yaitu Aldrian/Romi Capri, Priamanaya Djan/Hade Mboi, dan Edwyn Jaya/Gulam. Ketiganya mengandalkan Mitsubishi Evo X. Pada putaran 1 Kejurnas Reli sekaligus APRC di Sumut kali ini, ada banyak nama-nama Pereli tenar yang akan terjun. Termasuk diantaranya Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah atau Ijeck/Hery Kuntoyo yang mengandalkan Subaru Impreza WRX.

Besok, 61 Pereli Tampil di Asia Pacific Rally Championship 2019

Keterangan Foto: Ketua Pengprov IMI Sumut, Faisal Arif Nasution saat memberikan keterangan kepada awak media di Sekretariat penyelenggara APRC, Gedung Cadika Pramuka, Lubuk Pakam. Foto: SINDOnews/Andi

Faisal mengatakan sebelumnya seri I APRC sudah digelar dalam 2 putaran, di Australia dan Jepang. "Kita beruntung, pada Juli ini bisa digelar di Sumut. Putaran selanjutnya akan kembali dilaksanakan di Australia pada Agustus dan pada Oktober di China," ungkapnya.

Jika dihitung dari penyelenggaraan, reli berkelas internasional ini terakhir di Sumut pada 2009. Namun untuk gelaran APRC, kepercayaan penyelanggaran terakhir di Sumut pada tahun 2000. "Artinya sudah lama sekali. Kita pernah mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah APRC untuk kali pertama pada 1994. Keberhasilan itu memberikan kesempatan berikutnya pada 1997. Namun karena krisis moneter, setelah itu tidak pernah lagi dan baru kali ini APRC digelar di Sumut," terang Faisal.

Menurutnya, gelaran APRC itu memberikan manfaat besar bagi perkembangan pariwisata Sumut. Jika gelaran kali ini sukses, maka bukan tidak mungkin Indonesia, khususnya Sumut akan kembali mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah. Informasi dari Kesekretariatan penyelenggara, start Pereli APRC akan dilakukan di Alun-alun Kantor Bupati Deliserdang, Lubuk Pakam pada Jumat (26/7/2019) pukul 15.00 WIB. Pada Sabtu (27/7/2019), Pereli akan menyelesaikan 6 SS di areal perkebunan PT Lonsum di Rambungsialang. Sisa 44 SS berikutnya akan dilangsungkan di lokasi yang sama.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9921 seconds (0.1#10.140)