Jelang Leg II Piala Indonesia, Pengamanan Berlapis Sambut Persija di Makassar

Senin, 05 Agustus 2019 - 18:02 WIB
Jelang Leg II Piala Indonesia, Pengamanan Berlapis Sambut Persija di Makassar
Jelang Leg II Piala Indonesia, Pengamanan Berlapis Sambut Persija di Makassar
A A A
MAKASSAR - Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel memantapkan pola pengamanan laga final leg kedua Kratingdaeng Piala Indonesia 2019. Sedikitnya 4.764 personel gabungan dari TNI-Polri dan instansi pemerintah akan diturunkan pada laga PSM Makassar versus Persija Jakarta di Stadion Andi Mattalatta, Kota Makassar, Sulsel, Selasa (6/8/2019).

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo menjamin pola pengamanan berlapis akan diberlakukan, dengan zona pengamana ring satu, ring dua, dan ring tiga."Ribuan personel itu kami turunkan dalam rangka pelaksanaan kegiatan Piala Indonesia," kata Wahyu saat dikonfirmasi SINDOnews, Senin (5/8).
Jelang Leg II Piala Indonesia, Pengamanan Berlapis Sambut Persija di Makassar

Polisi berpangkat tiga bunga melati ini merinci, sebanyak 4.764 personel gabungan itu terdiri dari BKO Polda Sulsel dan jajarannya sebanyak 2.758 personel, TNI 603 personel, Satpol PP 150 personil, Dishub 50 Personil dan 1.203 dari Polrestabes Makassar.

Selain itu lima unit mobil pemadam kebakaran juga di turunkan serta empat unit mobil ambulans dari Dinas Kesehatan kota Makassar.

Para personel ini nantinya, akan ditugaskan di beberapa tempat, seperti Tim kawal pemain, suporter, dan tim pengamanan di lokasi pertandingan (Stadion Andi Mattalatta).

"Untuk tim melekat untuk kawal Persija Jakarta selama di Makassar diterjunkan 35 personel dan tiga unit kendaraan taktis, Baracuda. Untuk anggota PSSI selama di Makassar juga dikawal dengan personel sebanyak 56 personel gabungan," bebernya.
Jelang Leg II Piala Indonesia, Pengamanan Berlapis Sambut Persija di Makassar

Selanjutnya, untuk pengamanan di lokasi tempat rombongan Persija Jakarta menginap di Hotel Dalton Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar dijaga 75 personel. Sedangkan, untuk tempat para The Jak Mania, suporter Persija bermalam di SPN Batua Polda Sulsel juga akan diberikan pengamanan sebanyak 75 personel bersenjata lengkap.

Wahyu menerangkan Stadion Andi Mattalatta memiliki 10 akses pintu masuk, tiga pintu VIP yang berada di depan stadion dan tujuh pintu tribun terbuka yang berada di sekitar stadion.

Stadion ini nantinya akan berlakukan pengamanan tiga lapis yakni, ring satu berlokasi di area lapangan sebanyak 706 personel, ring dua yang berada di area tribun sebanyak 1.160 personel, sedangkan ring tiga yang berada di pintu masuk, pinggiran luar stadion dan area luar dijaga sebanyak 1.657 personel.

"Untuk pengamanan dalam pintu masuk ini hampir seluruh Polres jajaran Polda Sulsel dilibatkan dan sedikitnya ada 10 Polres. Seperti, Polrestabes Makassar, Polres Pelabuhan, Polres Gowa, Polres Takalar dan Polres Jeneponto. Selanjutnya, Polres Maros, Polres Pangkep, Polres Barru, Polres Pinrang dan Polres Pare-Pare. Para Kapolres ini nantinya akan berjaga di pintu masuk bersama anggotanya," ungkap Wahyu.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4935 seconds (0.1#10.140)