Empat Pesepak Bola Poliglot

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 12:27 WIB
Empat Pesepak Bola Poliglot
Empat Pesepak Bola Poliglot
A A A
JAKARTA - Poliglot atau kemampuan menguasai banyak bahasa tidak dimiliki semua orang. Tapi, beberapa pesepak bola berikut punya kemampuan langka itu.

Dikutip dari berbagai sumber, tim sepak bola Inggris -Watford- pernah tercatat sebagai klub paling multibahasa pada tahun 2016. Ketika itu klub berjuluk The Hornets diasuh pelatih asal Italia, Walter Mazzarri.

Mazzarri yang tidak terlalu menguasai bahasa asing -selain Italia, mempekerjakan berbagai penerjemah untuk berkomunikasi dengan pemain. Padahal, pada periode tersebut, Watford dihuni skuat dari berbagai negara.

Sebut saja nama Christian Kabasele (Belgia), Jerome Sinclair (Inggris), Younes Kaboul (Prancis), Daryl Janmaat (Belanda), Mauro Zarate (Argentina) dan Isaac Success (Nigeria). Sehingga para pemain berkomunikasi menggunakan bahasa dari daerah masing-masing.

Sejak Mino Raiola (seorang agen pemain) muncul ke publik sambil berbicara menggunakan banyak bahasa, mata pecinta sepak bola mulai terbuka. Bahwa sejatinya, olahraga itu bukan sekadar urusan menggiring si kulit bundar di lapangan rumput, melainkan pula kemampuan interaksi dan berkomunikasi.

Boleh jadi, kemampuan multibahasa menjadi kunci kesuksesan pesepak bola khususnya di Eropa. Berikut SINDOnews merangkum empat pesepak bola yang dikenal poliglot:

1. Romelu Lukaku
Empat Pesepak Bola Poliglot
Lahir di Antwerpen, Belgia, Romelu Lukaku sebetulnya putra keluarga Kongo. Sejak kecil ia sudah menguasai dua bahasa. Pengaruh Prancis yang kuat di Belgia membuat Lukaku muda juga mempelajari bahasa Prancis. Ia mempelajari bahasa Inggris dan Spanyol di sekolah, kemudian kepindahannya ke Inter Milan membuat Lukaku saat ini mengenal juga bahasa Italia.

2. Henrikh Mkhitaryan
Empat Pesepak Bola Poliglot
Kapten tim nasional Armenia, Henrikh Mkhitaryan, menguasai lima bahasa sejak usia remaja. Tahun 2013 situs allintranslations.com menyebut Mkhitaryan sudah menguasai bahasa Armenia, Rusia, Inggris, Prancis dan Portugis. Kepindahan Mkhitaryan ke AS Roma membuatnya kini mengenal juga bahasa Italia.

3. Clarence Seedorf
Empat Pesepak Bola Poliglot
Mantan bintang AC Milan dan Real Madrid, Clarence Seedorf, dikenal memiliki kemampuan multibahasa. Lahir di Paramaribo, Suriname, ia memilih kewarganegaraan Belanda. Saat ini Seedorf lancar berbahasa Belanda, Inggris, Italia, Portugis, Spanyol, dan Suriname.

4. Luis Figo
Empat Pesepak Bola Poliglot
Luis Figo barangkali salah satu pesepak bola paling langka di dunia. Selain pernah membela Real Madrid dan Barcelona, mantan winger Timnas Portugal juga dikenal menguasai berbagai bahasa. Dalam berbagai kesempatan wawancara, Figo tercatat pernah berbicara dengan lancar menggunakan bahasa Portugis, Spanyol, Inggris, Italia, dan Prancis
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3306 seconds (0.1#10.140)