Kalah Lawan Denmark, Kursi Petkovic Terancam

Minggu, 13 Oktober 2019 - 17:00 WIB
Kalah Lawan Denmark, Kursi Petkovic Terancam
Kalah Lawan Denmark, Kursi Petkovic Terancam
A A A
BASEL - Tujuh tahun untuk Jakob Kobi Kuhn. Enam tahun untuk Ottmar Hitzfeld. Vladimir Petkovic? Pertanyaan ini kembali menyeruak setelah Die Nati, julukan Timnas Swiss, kembali gagal menaklukkan Denmark.

Bermain dominan, Granit Xhaka dan kawan kawan akhirnya harus menelan pil pahit di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (12/10) malam. Nama Petkovic sebenarnya masih akan cukup kuat bertahan sebagai pelatih Timnas Swiss, jika saja Timnas Denmark tidak memiliki Kasper Schmeichel. Namun, itu tadi, putra kiper legendaris Denmark, Peter Schmeichel, tampil gemilang.

Empat peluang emas Swiss digagalkan Kasper Schmeichel. Tendangan jarak jauh Granit Xhaka, sontekan dua kali Admir Memehdi, dan tendangan kaki kiri Ricardo Rodriguez, semua kandas di tangan Kasper Schmeicel. Sebelumnya, di Swiss, Denmark juga menjadi batu sandungan, ketika Swiss sudah unggul 3 - 0, pada akhirnya harus puas dengan hasil 3 - 3.

Vladimir Petkovic menjadi pelatih Timnas Swiss, setelah Ottmar Hitzfeld lebih memilih menghabiskan waktu bersama keluarga ketimbang terus berada di lapangan hijau. Setelah gagal membujuk Marcel Kohler, pelatih Timnas Austria saat itu, serta penolakan dari Lucien Favre, Schweizer Fussbalverband (SFV), federasi sepak bola Swiss, menjatuhkan pilihan ke Petkovic, yang saat itu masih melatih Napoli.

Bersamanya, diharapkan Timnas Swiss membuat kejutan. Minimal masuk perempat final di Piala Dunia atau Piala Eropa. Namun, lagi lagi Timnas Swiss berjalan di tempat. Maju tidak, mundur juga belum. Alias spesialis perdelapan final. Petkovic yang berdarah Balkan, juga tidak mampu menyatukan pemain dari negara leluhurnya. Konflik dengan Valon Berhami dan Xherdan Shaqiri.

Hanya belakangan ini, Petkovic bersedia bertandang ke markas pemain yang kurang harmonis dengannya, sebelumnya, memilih berpangku tangan.

Kekalahan atas Denmark ini membuat posisi Swiss di Group D tak beranjak dari rangking ketiga, setelah Denmark dan Irlandia. Pertandingan Selasa (15/10) di Jenewa, melawan Irlandia, Swiss harus menang. Jika tidak, peluangnya ke putaran final Piala Eropa akan makin sulit.

Gagal membawa Timnas Swiss ke putaran final Piala Eropa, nasib Petkovic berada di ujung tanduk. Bahkan, nama nama calon pelatih Timnas Swiss kini sudah bermunculan. Ada Juergen Klinsmann, Martin Schmid (FC Augsburg Jerman), Lucien Favre (Borrusia Dortmund) dan Urs Fischer (FC Union Berlin).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4034 seconds (0.1#10.140)