Ucapan Duka Cita dari Pembalap Dunia untuk Afridza Munandar

Sabtu, 02 November 2019 - 20:37 WIB
Ucapan Duka Cita dari Pembalap Dunia untuk Afridza Munandar
Ucapan Duka Cita dari Pembalap Dunia untuk Afridza Munandar
A A A
SEPANG - Seluruh pembalap Idemitsu Asia Talent Cup sepakat untuk membatalkan Race 1 balapan seri keenam di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019). Keputusan itu diambil setelah pembalap muda terbaik Indonesia, Afridza Munandar dinyatakan meninggal dunia usai terlibat kecelakaan tunggal.

Afridza Munandar meninggal dunia tepat di tikungan 10 lap pertama. Sebelum terjatuh, dia sempat kehilangan kendali pada motornya dan menabrak bagian belakang ban lawan. (Baca juga: Duka AHM untuk Keluarga Afridza Munandar )

Pembalap berusia 20 tahun itu akhirnya kehilangan keseimbangan dan terjatuh di tengah lintasan. Marshal atau petugas yang berada di pinggir lintasan dengan cepat membawa Afridza Munandar dengan tandu.

Saat ditandu meninggalkan lintasan, pembalap lulusan Astra Honda Racing School 2017 itu sempat memberikan respon dengan mengangkat tangan kanannya. Namun, kondisinya makin menurun dan dia dilarikan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan menggunakan helikopter.

Red flags dikeluarkan Marshal Sirkuit Internasional Sepang. Seluruh pembalap pun kembali ke paddock. Setelah menunggu lama, mereka dikejutkan dengan kabar meninggalnya Afridza Munandar.

Menyusul insiden tersebut, Direktur ATC Alberto Puig langsung mengumpulkan para pembalap untuk meminta reaksi mereka terkait balapan (Race 1). Seperti dikutip dari laman resmi ATC, seluruh pembalap sepakat untuk membatalkan Race 1.

Sebagian pembalap ATC memberikan suara agar Race 2 tetap berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang, Minggu (3/11). ATC tidak mempersoalkan ketika pembalap kemudian memilih untuk tidak balapan.

Sebelum Race 2 seri keenam ATC 2019 dimulai, penyelenggara akan memberikan waktu satu menit untuk mengheningkan cipta atas meninggalnya Afridza Munandar. Rencananya balapan akan berlangsung pada pukul 11.20 waktu setempat.

Sementara itu, kabar meninggalnya Afridza Munandar mendapatkan atensi dari pembalap dunia di kelas MotoGP. Maklum, di tempat yang sama, sirkus MotoGP juga sedang berada di Malaysia untuk menjalani balapan seri 18.

Maverick Vinales misalnya. Dalam akun Twitter pribadinya pembalap Monster Energy Yamaha itu menulis: "Hari yang menyedihkan di Sepang. Belasungkawa tulus saya untuk keluarga dan teman-teman Afridi. Istirahat dengan damai."



Tak hanya Vinales saja, banyak sederet pembalap juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya pembalap muda terbaik Indonesia tersebut. Juara dunia MotoGP 2019, Marc Marquez turut berduka atas kepergian Afridza Munandar.

"Hari yang menyedihkan untuk bersepeda motor. Afridza Munandar telah meninggal siang ini setelah kecelakaan dalam perlombaan Piala Talent Asia! RIP Afridza"

(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4670 seconds (0.1#10.140)