Presiden Filipina Hadiri Upacara Pembukaan SEA Games 2019

Sabtu, 30 November 2019 - 12:20 WIB
Presiden Filipina Hadiri Upacara Pembukaan SEA Games 2019
Presiden Filipina Hadiri Upacara Pembukaan SEA Games 2019
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte akan menghadiri upacara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019). Laporan itu disebagaimana dikutip dari GMA News.

Sebelum menghadiri upacara pembukaan pesta olahraga Asia Tenggara ke-30, Rodrigo Duterte dijadwalkan akan bertemu dengan Raja Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah. Pertemuan akan berlangsung pada Sabtu sore di Istana Presiden atau jelang pembukaan SEA Games 2019 berlangsung.

Tidak disebutkan mengenai agenda pertemuan tersebut. Namun, beberapa hari yang lalu, sempat ada kehebohan pemberitaan mengenai kabar keponakan Hassanal Bolkiah, Faiq Jefri Bolkiah, mengalami alegri makanan.

Faiq adalah kapten tim sepak bola pria Brunei sempat dibawa ke rumah sakit Manila karena reaksi alergi terhadap kacang tanah, yang merupakan salah satu bahan makanan yang disajikan.

Koki eksekutif SEA Games 2019, Bruce Lim mengklaim bahwa mereka tidak diberi tahu oleh delegasi Brunei bahwa Faiq memiliki alergi kacang, yang menyebabkan bibir pesepak bola membengkak setelah ia disuguhi kari.

Terlepas apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Upacara pembukaan SEA Games 2019 menjadi salah satu momen penting dan bersejarah bagi Filipina.

Sebab, selama sepekan ini Filipina mendapat sorotan dunia setelah berbagai masalah muncul ke permukaan seperti kesiapan logistik, transportasi, penginapan, hingga makanan halal untuk atlet muslim. Dugaan korupsi pun muncul dan Duterte telah berjanji bakal melakukan penyelidikan terkait tudingan tersebut.

"Saya benar-benar meminta maaf kepada semua negara peserta. Atlet dari luar negeri harus memahami bahwa kami tidak senang dengan semua masalah itu. Saya, selaku Presiden Filipina, sudah memerintahkan agar menggelar penyelidikan," tutur Rodrigo Duterte.

“Anda tidak bisa diam begitu saja dengan ketidaknyamanan dan penderitaan para atlet. Ini mungkin hanya masalah kecil, tetapi Anda tidak bisa hanya menjentikkan jari dan bilang itu hanya urusan kecil. Kami mengundang mereka ke sini dan problem itu terjadi. Tentu saja mereka akan membicarakan masalah ini ketika kembali ke negara asalnya," tambahnya.

Rodrigo Duterte juga menginstruksikan kepada panitia penyelenggara (Phisgoc) untuk merilis tiket gratis kepada masyarakat yang ingin menyaksikan 56 cabang olahraga di SEA Games.

Pengamanan Selama SEA Games 2019

Kepolisian Nasional Filipina (PNP) meyakinkan publik bahwa semua tindakan keamanan telah dilakukan untuk memastikan pelaksanaan upacara pembukaan SEA Games ke-30.

"PNP siap untuk mengedepankan langkah terbaik kami dan bertujuan untuk memberikan strategi keamanan yang efektif," kata juru bicara PNP Brigadir Jenderal Polisi Bernard Banac dikutip dari Manila Bulletin

PNP menargetkan nol insiden kejahatan di beberapa bagian Metro Manila dan Wilayah 1, 3, dan 4A selama SEA Games berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember mendatang

Banac menyerukan kepada para pemimpin kelompok-kelompok militan untuk menjaga kedudukan mereka dalam kedisiplinan dan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk melakukan aksi damai dari setiap protes jalanan yang direncanakan. "PNP sepenuhnya menghormati hak warga negara untuk berkumpul secara damai, dan mengekspresikan sentimen mereka sebagaimana dijamin oleh konstitusi dan sistem demokrasi kami," katanya.

"Kami yakin bahwa para pemimpin organisasi militan akan mengekspresikan sikap kerjasama dan disiplin yang sama dalam aksi massa mereka," tambahnya.

Sedikitnya 27.000 polisi dikerahkan ke tempat-tempat olahraga SEA Games. Ada beberapa jenis barang yang tidak boleh dibawa masuk ke arena pertandingan seperti tas ransel, senjata tajam, senjata api, botol, cangkir, kaleng, bahan kembang api, hewan peliharaan, spanduk besar, benda yang mudah terbakar, dan barang propaganda.

Hingga Jumat (29/11), sebanyak 2.578 atlet asing dan 173 delegasi telah tiba di Filipina. Sekadar informasi, sejauh ini satu medali emas berhasil diraih atlet polo air Indonesia.

Emas pertama itu menjadi bersejarah mengingat ini merupakan kali pertama Indonesia meraih medali tersebut usai mengakhiri 54 tahun dominasi Singapura di olahraga polo air putra.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5814 seconds (0.1#10.140)