Selamatkan Nyawa Atlet Indonesia, Peselancar Filipina Raih Trofi Fair Play

Rabu, 11 Desember 2019 - 22:07 WIB
Selamatkan Nyawa Atlet Indonesia, Peselancar Filipina Raih Trofi Fair Play
Selamatkan Nyawa Atlet Indonesia, Peselancar Filipina Raih Trofi Fair Play
A A A
MANILA - Peselancar Filipina, Roger Casugay, terpilih sebagai atlet fair play atau paling sportif pada SEA Games 2019. Penghargaan itu tak lepas dari kebesaran hatinya merelakan medali emas demi menyelamatkan nyawa peselancar Indonesia.

Pengumuman atlet fair play dilakukan pada acara penutupan SEA Games 2019 di Stadion Atletik, New Clark City, Capas, Tarlac, Rabu malam, (11/12/2019) . Panitia SEA Games 2019 menyebut Roger adalah contoh baik bagi atlet lain.

Roger memperlihatkan aksi heroik ketika bertanding di Monaliza Point, San Juan, La Union, Jumat (6/12/2019) lalu. Pada saat itu Roger Casugay sedang memimpin perlombaan dan berpeluang merebut medali emas tetapi dia justru berbalik arah ketika melihat tali di kaki Arip Nurhidayat terlepas.

Arip kemungkinan terhempas ombak jika saja Roger tak datang untuk membantunya. Aksi tersebut berbuah trofi atlet paling fair play di SEA Games 2019.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada Roger yang melepas peluang mendapat medali emas di cabang Selancar Longboard Putra SEA Games 2019.

"Memenangkan kompetisi itu penting. Sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya,” cuit Presiden Jokowi, melalui akun Twitter @Jokowi.


Dalam cuitannya ini, Jokowi menyampaikan salam hormat kepada Roger yang melepas kesempatan meraih emas demi menolong atlet Indonesia.

Apresiasi serupa disampaikan Presiden National Olympic Committe (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari yang mengucapkan terima kasih kepada NOC Filipina, khususnya Roger Casugay yang telah menunjukkan esensi dari pertandingan.

"Menang atau kalah memang penting, tapi persaudaraan dan kemanusiaan jauh lebih penting dari itu semua," kata Raja Sapta di Manila. (Baca juga: Heroik, Peselancar Filipina Selamatkan Nyawa Atlet Indonesia )
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4931 seconds (0.1#10.140)