Diduga Langgar Hak Konsumen, Sembilan Klub Serie A Diivestigasi

Rabu, 08 Januari 2020 - 22:01 WIB
Diduga Langgar Hak Konsumen, Sembilan Klub Serie A Diivestigasi
Diduga Langgar Hak Konsumen, Sembilan Klub Serie A Diivestigasi
A A A
ROMA - Sembilan klub Serie A diinvestigasi operator liga lantaran diduga melanggar hak konsumen. Raksasa liga, Juventus, termasuk dalam daftar klub yang diduga bermasalah.

Sembilan klub tersebut adalah Juventus, Inter, Milan, Atalanta, AS Roma, SS Lazio, Cagliari, Genoa dan Udinese. Mereka diduga menghapus klausul dalam perjanjian penjualan tiket pertandingan.

Serie A mewajibkan klausul yang mengatur pengembalian uang antara klub dan pemilik tiket, apabila pertandingan digelar tanpa penonton atau terjadi penundaan. Biasanya klub mendapat hukuman tersebut apabila komisi disiplin menemukan pelanggaran seperti rasisme. Sedangkan penundaan terjadi ketika muncul bencana.

Klausul tersebut bertujuan melindungi konsumen supaya penonton yang terlanjur membeli tiket tidak dirugikan atas hukuman atau bencana tersebut. Namun, beberapa klub diduga mengubah perjanjian dengan mencabut klausul itu tadi.

Badan sepak bola Italia sudah memanggil perwakilan klub sebagai awal investigasi kasus dugaan pelanggaran ini. Namun, undangan yang dilayangkan sejak bulan Mei 2019 tidak digubris seluruhnya oleh klub.

"baru dua klub yakni Bologna dan Parma yang merespons," demikian kutipan laporan Football Italia. (Baca juga: Sadio Mane Dinobatkan sebagai Pemain Afrika Terbaik 2019 )
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6428 seconds (0.1#10.140)