Mengulik Posisi Ideal Bruno Fernandes sang Gelandang Penjelajah United

Jum'at, 31 Januari 2020 - 18:01 WIB
Mengulik Posisi Ideal...
Mengulik Posisi Ideal Bruno Fernandes sang Gelandang Penjelajah United
A A A
MANCHESTER - Manchester United telah menyelesaikan penandatanganan Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon dengan mahar yang ditaksir sebesar 46,6 juta poundsterling atau sekira Rp826 miliar ditambah 21,6 juta pounds (Rp328 miliar) terkait kinerja pemain tersebut. Gelandang berusia 25 tahun itu tercatat sebagai pemain keenam Portugal yang mengenakan jersey Setan Merah.

Lima pemain sebelumnya, yakni Critiano Ronaldo, Nani, Bebe, Diogo Dalot, Joel Pereira pernah merasakan sulitnya menembus skuat utama United. Meski demikian, tidak semua pemain asal Portugal yang merasakan popularitasnya selama berada di Old Trafford.

Hanya segelintir pemain saja yang mendapatkan sambutan hangat dari penggemar United. Mereka adalah Ronaldo dan Nani, selebihnya lebih banyak menonton rekan setimnya bermain dari bangku cadangan.

Artinya, ini bukan tugas yang mudah buat Fernandes mendapatkan hati penggemar dan pelatih. Lantas di mana dia bakal mendapatkan tempat yang ideal di skuat Ole Gunnar Solskjaer?

Sebagai pemain yang telah mengukir banyak prestasi bersama Sporting Lisbon selama dua setengah tahun, Fernandes tampaknya lebih ideal untuk menempati posisi sebagai playmaker. Sosok jenderal lapangan tengah inilah yang saat ini dibutuhkan United, sebab sejak posisi tersebut ditinggalkan Wayne Rooney, Setan Merah seperti kehilangan pemain pendobrak.

Itu bisa dilihat dari statistiknya selama bermain di Sporting. Ada tiga posisi yang biasa dimainkan Fernandes, yakni gelandang, playmaker, dan sayap kanan.

Namun jika mengacu pada statistik Whoscored, Fernandes lebih nyaman bermain sebagai gelandang penjelajah alias playmaker. Dari 13 tampil sebagai playmaker musim ini, Fernandes mampu menciptakan enam gol dan enam assist.
Mengulik Posisi Ideal Bruno Fernandes sang Gelandang Penjelajah United

Secara keseluruhan, Fernandes telah membukukan 63 gol dan 52 assist dalam 137 penampilan di semua kompetisi bersama Sporting. Itu menunjukkan bahwa dia sangat efektif dalam hal kreativitas membongkar pertahanan lawan dan mengirimkan umpan terobosan untuk pemain depan.

Kelebihan itulah yang sangat disukai Solskjaer. Apalagi pelatih dikenal menyukai formasi 4-2-3-1 yang dinilai tepat untuk Fernandes. (Baca juga: Ronaldo Jadi Alasan Bruno Fernandes Mau Dipinang Man United )

Tapi dia harus berjuang untuk mendapatkan tempat tersebut mengingat ada tiga pemain yang biasa memainkan peran sebagai playmaker, yakni Andreas Pereira, Jesse Lingard, dan Juan Mata. "Fernandes adalah manusia yang hebat dengan kepribadian yang hebat. Kualitas kepemimpinannya jelas. Statistik gol dan assist Bruno berbicara sendiri, dia akan menjadi tambahan yang fantastis untuk tim kami dan dia akan membantu kami maju di bagian kedua musim ini," ungkap Solskjaer.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7419 seconds (0.1#10.140)