Kedermawanan Khabib Inspirasi Banyak Orang

Sabtu, 01 Februari 2020 - 06:08 WIB
Kedermawanan Khabib Inspirasi Banyak Orang
Kedermawanan Khabib Inspirasi Banyak Orang
A A A
MOSKOW - Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov tidak hanya terkenal pandai bertarung di atas arena, tapi juga dermawan. Juara dua kali Combat Sambo World Champion itu telah menyumbangkan kekayaannya kepada anak-anak Afrika. Saat ini Khabib mendonasikan kekayaannya hingga jutaan dolar AS.

Khabib yang memiliki kekayaan sekitar USD30 juta (Rp410 miliar), tidak pernah menikmati kesuksesan itu seorang diri. Dia tidak menggunakannya untuk membeli rumah mewah, perhiasan mahal, atau mobil bermerek. Sebaliknya, atlet berusia 31 tahun itu menyumbangkannya dalam berbagai program bantuan amal.

Kebaikan hati Khabib menginspirasi banyak orang di dalam dan di luar arena. Setelah memenangi pertandingan melawan Dustin Poirier tahun lalu, Khabib mengatakan akan menjual perlengkapan tarung Poirier yang diterimanya dan menyumbangkannya untuk membantu menyediakan air bersih di Uganda.

Kaus tersebut terjual sekitar USD100.000 (Rp1,3 miliar). Langkah itu memotivasi Presiden UFC Dana White untuk turut memberikan sumbangan sebesar USD100.000. Hal yang sama juga dilakukan Poirier yang sukses menjual perlengkapan tarung Khabib USD60.000 (Rp819 juta).

Aksi filantropi Khabib tidak berhenti di situ. Dia kini berharap dapat menggelar pertarungan di Afrika dan mendonasikan uang dari pertarungan itu kepada warga setempat. Dia juga berharap pertarungan ulang melawan Conor McGregor yang diestimasikan dapat menghasilkan uang senilai USD50-80 juta dapat didonasikan.

“Khabib juga tidak menghabiskan uang untuk penampilan diri. Dia menggunakannya untuk hal-hal yang penting dan butuh saja,” kata pelatih Khabib, Rizvan Magomedov, dilansir SCMP. “Dia mengeluarkan uang untuk nutrisi, makanan, membayar pelatih, dan penginapan sebelum pertarungan berikutnya akan dimulai,” paparnya. Sementara itu, Khabib akan cukup sibuk sepanjang tahun 2020. Dua pertandingan akbar siap dijalani petarung asal Rusia tersebut.

Pada pada 18 April 2020 nanti Khabib sudah dijadwalkan akan bertarung dengan Tony Ferguson di UFC 249. Pertarungan tersebut digelar setelah Idul Fitri dipekan terakhir bulan Mei.

Apakah setelah itu Khabib bisa beristirahat?Rencananya, Khabib akan dijadwalkan bertanding melawan Conor McGregor. Petarung asal Irlandia tersebut begitung otot bertarung melawan Khabib.

Kekalahan McGregor dari Khabib di UFC 228 pada Oktober 2018 lalu masih sulit dilupakan oleh petarung asal Irlandia tersebut. Karena itu, McGregor beberapa kali melayangkan rematch kepada The Eagle–julukan Khabib.

Selain dari kejuaraan bela diri, Khabib juga memperoleh pendapatan dari pelatihan dan bisnis gim yang rencananya ekspansi ke Eropa dan Timur Tengah. Popularitas telah membawanya menjadi brand ambassador untuk sejumlah perusahaan terkemuka dunia seperti Toyota, Reebok, dan Gorilla Energy Drink.
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6107 seconds (0.1#10.140)