Priska Nugroho, Awalnya Iseng hingga Juara Grand Slam di Australia

Jum'at, 07 Februari 2020 - 16:57 WIB
Priska Nugroho, Awalnya Iseng hingga Juara Grand Slam di Australia
Priska Nugroho, Awalnya Iseng hingga Juara Grand Slam di Australia
A A A
JAKARTA - Nama Priska Madelyn Nugroho berkibar setelah merebut gelar juara grand slam Australia Open 2020. Bersama pasangannya, Alexandra Eala dari Filipina, Priska sukses menggondol gelar grand slam pertamanya di kelas junior.

Tampil di final Australia Terbuka 2020 junior di Melbourne Park, akhir bulan lalu, Priska/Alexandra ditantang pasangan Ziva Falkner (Slovenia)/Matilda Mutavdzic (Inggris Raya). Dengan meyakinkan, Priska/Alexandra menang 6-1, 6-2.

Keberhasilan itu menorehkan tinta emas dalam sejarah tenis di Indonesia. Priska menjadi orang Indonesia pertama yang memenangkan Australia Terbuka sejak Angelique Widjaja membuat pencapaian serupa 18 tahun lalu. Pada saat itu, Angie, julukan Angelique, berpasangan dengan Gisela Dulko dari Argentina.

Dalam wawancara bersama stasiun televisi di Tanah Air, dara cantik berusia 18 tahun itu mengaku tak sengaja terjun ke dunia tenis. Ketika usianya baru empat tahun, Priska sering menonton saudaranya bermain tenis. Dari kebiasaan itu, ia mulai belajar mengayun raket.

Di usia tujuh tahun, Priska menjajal tampil di Pekan Olahraga Mini. Tanpa disangka-sangka, perempuan kelahiran 6 Januari 2002 sukses merebut gelar juara. Sejak saat itu Priska mulai menekuni olahraga tenis. (Baca juga: Petenis Indonesia Priska Nugroho Juara Australia Terbuka 2020 )

Lima tahun setelah melakoni debut di PON Mini, Priska mulai bergabung dengan ITF. Berbagai turnamen di Asia pun mulai ia coba. Kerja keras dan keuletan berbuah hasiil: pada tahun 2019, Priska berhasil menjajal grand slam.

"Tahun lalu (2019) aku bisa masuk empat-empatnya (grand slam, red)." kata Priska.

Cuma butuh satu tahun bagi Priska untuk memperbaiki penampilannya. Di awal tahun, dia sukses merebut gelar grand slam pertamanya di Australia Tebrbuka 2020.

Setelah memenangkan gelar bergengsi itu, Priska kini naik 10 peringkat di ITF junior. Dikutip dari laman resmi ITF, Jumat (7/2/2020) Priska kini berada di posisi ke-17.
PosPetenisNegara
1Diane ParryPrancis
2Victoria Jimenez KasintsevaAndorra
3Daria SnigurUkraina
4Alexandra EalaFilipina
5Robin MontgomeryAmerika Serikat
6Alexa NoelAmerika Serikat
7Polina KudermetovaRusia
8Elsa JacquemotPrancis
9Zhuoxuan BaiChina
10Kamilla BartoneLatvia

-
17Priska Madelyn NugrohoIndonesia
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3874 seconds (0.1#10.140)