Chen Long, Lin Dan, Chen Yufei Akan Tampil di Singapura Terbuka 2020

Kamis, 05 Maret 2020 - 06:03 WIB
Chen Long, Lin Dan, Chen Yufei Akan Tampil di Singapura Terbuka 2020
Chen Long, Lin Dan, Chen Yufei Akan Tampil di Singapura Terbuka 2020
A A A
SINGAPURA - Tiga pebulu tangkis asal China, Chen Long, Lin Dan, dan wanita nomor satu dunia Chen Yufei akan tampil di turnamen bulu tangkis Singapura Terbuka 2020, 7-12 April. Mereka masih dapat datang meski Singapura melarang masuknya pengunjung dengan sejarah perjalanan ke daratan China pada 14 hari terakhir akibat karena wabah koronavirus.

Menurut penyelenggara event, Singapore Badminton Association (SBA), sebanyak 38 pemain, 11 pelatih dan tujuh ofisial dari China akan melakukan perjalanan ke Singapura untuk mengikuti turnamen berhadiah total USD408.000, yang akan digelar di Stadion Indoor Singapura.

Pihak berwenang Singapura pada 31 Januari mengumumkan langkah-langkah untuk membatasi masuknya pengunjung dari daratan China untuk menghentikan penyebaran penyakit Covid-19, termasuk menangguhkan status sebagai fasilitas transit bebas visa bagi mereka yang memiliki paspor China.

Hingga Rabu (4/3/2020), pembatasan telah diperpanjang bagi mereka yang bepergian ke Korea Selatan, Italia utara, dan Iran dalam 14 hari terakhir.

"Kami menyadari pembatasan yang telah dilakukan pihak berwenang Singapura pada pengunjung dari daratan China karena wabah Covid-19," kata juru bicara SBA kepada The Straits Times.

"Empat belas hari sebelum kedatangan tim, dua orang dari tim China akan datang dari Beijing dan sisanya akan datang dari Eropa atau Malaysia."

Menurut The Straits Times kedua orang tersebut adalah pelatih, dan SBA mengatakan mereka akan 'mematuhi rekomendasi dan keputusan ICA (Imigrasi dan Pos Pemeriksaan)' Singapura. "Jika pemain dan personel China yang memiliki aplikasi visa mereka ditolak, mereka harus keluar dari turnamen," tambah juru bicara itu.

Epidemi koronavirus telah menginfeksi lebih dari 93.000 dan menewaskan sekitar 3.200 di seluruh dunia, dengan China yang paling terpukul, dengan lebih dari 80.000 kasus dan hampir 3.000 kematian.

Situasi membuat sejumlah acara olahraga di Asia, Timur Tengah dan Eropa, terdampak. Kini, keraguan muncul pada pergelaran Olimpiade Tokyo yang digelar 24 Juli hingga 9 Agustus.

Di Singapura, sejumlah acara olahraga terkenal telah dibatalkan atau ditunda, termasuk turnamen golf Kejuaraan Dunia Wanita HSBC, HSBC Singapura Rugby Sevens dan Piala Champions Internasional yang diharapkan akan menampilkan raksasa sepak bola Inggris Liverpool, Manchester United, dan tim Bundesliga Borussia Dortmund.

Sejumlah acara bulutangkis juga mengikuti pembatalan atau penundaan, seperti Jerman Terbuka minggu ini, sementara kualifikasi Olimpiade di Vietnam ditunda dari bulan Maret hingga Juni dan tidak akan lagi berfungsi sebagai acara kualifikasi untuk Olimpiade. China Masters dan Polish Open juga telah dijadwal ulang.

Kejuaraan Badminton Asia, yang semula dijadwalkan di pusat wabah Covid-19, Wuhan mulai 21 hingga 26 April, akan berlanjut pada tanggal yang direncanakan setelah dipindahkan ke Manila.

Sementara Singapore Open akan dilanjutkan bulan depan, SBA mengatakan minggu ini bahwa mereka akan menerapkan tindakan pencegahan yang ditingkatkan untuk memastikan keamanan para pemain, penonton dan personel acara. Ini termasuk pemeriksaan suhu dan peningkatan frekuensi desinfeksi tempat dan area umum.

"Kami yakin akan menghadirkan Singapore Badminton Open edisi yang aman, bebas kecemasan, dan menyenangkan," kata juru bicaranya.

Daftar pemain bertabur bintang diharapkan untuk bersaing di Singapore Open, termasuk juara dunia pertama asal India P.V. Sindhu, juara Olimpiade Carolina Marin dari Spanyol dan mantan juara dunia Thailand Ratchanok Intanon.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6605 seconds (0.1#10.140)