Dampak Virus Corona dan Kekhawatiran Juergen Klopp

Rabu, 11 Maret 2020 - 00:21 WIB
Dampak Virus Corona dan Kekhawatiran Juergen Klopp
Dampak Virus Corona dan Kekhawatiran Juergen Klopp
A A A
LIVERPOOL - Dampak penyebaran virus corona benar-benar merusak jadwal pertandingan sepak bola di dunia. Tengok saja, tiga negara yakni Italia, Spanyol, dan Prancis yang telah membuat kebijakan memainkan pertandingan secara tertutup alias tanpa penonton.

Terbaru, pemerintah Italia secara resmi mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan aktivitas olahraga hingga 3 April 2020. Kompetisi sepak bola Serie A dan liga profesional di bawahnya ikut menanggung akibatnya lantaran liga terpaksa dihentikan sementara. (Baca juga: Aktivitas Olahraga di Italia Dihentikan tapi Liga Europa Jalan Terus )

Ketika sejumlah negara sibuk menangkal penyebaran virus corona, Inggris terkesan santai. Sebab, sejauh ini belum ada kebijakan yang penghentian kompetisi Liga Inggris seperti yang sudah dilakukan di Italia.

Meski belum ada tanda-tanda yang mengarah ke sana, namun tetap saja ada kekhawatiran yang berkecamuk di pikiran penggemar Liverpool. Maklum saja, The Reds tinggal menunggu waktu untuk mengakhiri dahaga gelar juara Liga Inggris selama 30 tahun pada musim ini.

Ketua perhimpunan suporter Liverpool, Spirit of Shankly, Joe Blott, belum lama ini mengatakan pihaknya khawatir jika pemerintah Inggris menginstruksikan liga digelar tertutup. Sebab, kata Blott, beberapa suporter sudah menyiapkan pesta juara. (Baca juga: Suporter Takut Stadion Ditutup Saat Liverpool Segel Gelar Liga Inggris )

Menanggpi kekhawatiran itu, pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengatakan bahwa dirinya akan tetap menghormati apa pun keputusan yang dijatuhkan. Intinya, pada saat ini yang dibutuhkan adalah waktu untuk menemukan solusi menangkal penyebaran virus corona. Itulah yang disampaikan ahli strategi asal Jerman dalam konferensi pers jelang laga leg kedua 16 besar Liga Champions 2019/2020 melawan Atletico Madrid di Stadion Anfield, Kamis (12/3) dini hari WIB.

Berikut Pernyataan Lengkap Juergen Klopp Dampak dari Penyebaran Virus Corona:


Saya mengatakan minggu lalu bahwa saya tidak berpikir saya harus ditanya tentang hal ini tetapi ini berbeda. Dan, ini bukan tentang saya sebagai pelatih, ini tentang saya sebagai manusia. Saya pikir beberapa hal lebih penting daripada sepak bola dan saya pikir kami menyadari bahwa pada saat ini dan yang kami butuhkan adalah waktu untuk menemukan solusi untuk itu.

Bagaimana kita dapat memenangkan waktu itu dengan menghindari situasi yang berbeda? Saya tidak cukup tahu tentang seberapa banyak itu akan membantu dengan pertandingan sepak bola, saya tidak tahu. Tetapi masalah dengan pertandingan sepak bola adalah jika Anda tidak berada di stadion maka Anda berada di ruangan tertutup menontonnya di sana, mungkin bersama, [dan] saya tidak yakin apa yang lebih baik dalam kasus ini, jujur.

Maksud saya itu. Tetapi apa pun yang akan diputuskan kita akan hormati karena kita semua memiliki keluarga, orang tua, anak-anak, teman, yang ingin kita lakukan dengan baik dan untuk itu jelas bahwa kita akan menerimanya. Saya tidak tahu seberapa masuk akal itu akan terjadi, tetapi ketika saya membacanya sebagai orang normal saya pikir, 'OK, beberapa orang berpikir jelas itu akan membantu dan kemudian mereka melakukannya'. Begitulah adanya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6845 seconds (0.1#10.140)