Formula E Musim 2019/2020 Ditangguhkan Sementara

Jum'at, 13 Maret 2020 - 16:58 WIB
Formula E Musim 2019/2020 Ditangguhkan Sementara
Formula E Musim 2019/2020 Ditangguhkan Sementara
A A A
JAKARTA - Formula E dan FIA menangguhkan sementara lomba musim 2019/20 untuk periode dua bulan ke depan. Keputusan tersebut diambil setelah berkoordinasi dengan otoritas lokal sebagai upaya tindakan menghentikan penyebaran virus korona sebagaimana Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mendeklarasikan Covid-19 sebagai pandemi.

"Seperti yang telah dilaporkan baru-baru ini di Eropa khususnya dan di seluruh dunia, peningkatan kasus Covid-19 meningkat setiap hari dan para ahli mengatakan diperkirakan akan memuncak pada bulan berikutnya," kata Formula E dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters.

“Untuk alasan ini, kami telah memutuskan untuk sementara menangguhkan Kejuaraan Formula E 2019/2020."

"Dengan kesehatan staf, penonton, dan seluruh tenaga kerja kejuaraan sebagai prioritas, tindakan pencegahan yang diberlakukan, akan membatasi pelaksanaan balapan selama jangka waktu yang ditentukan."

Formula E menetapkan dua bulan ke depan tak akan ada lomba. Namun, selanjutnya mereka menerapkan sistem bendera yang biasanya digunakan dalam motorsport, untuk menentukan fase dan waktu yang berbeda di mana balapan dapat diatur ulang atau tetap tidak terpengaruh oleh virus corona.

Merah mewakili tanpa balapan, kuning menjaga peluang terbuka dan hijau berjalan sesuai rencana. Bulan yang ditandai sebagai bendera merah adalah Maret dan April, dengan Mei saat ini dikategorikan sebagai bendera kuning dan bulan Juni dan Juli diberi bendera hijau, jika situasinya membaik dan stabil.

Sebagai konsekuensi dari penangguhan ini, tidak mungkin lagi untuk balapan di Paris (Prancis) pada 18 April, Seoul (Korea Selatan)pada 3 Mei, atau Jakarta (Indonesia) pada 6 Juni, seperti yang diumumkan sebelumnya pada tanggal yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Bekerja dengan berkolaborasi bersama FIA dan otoritas lokal di setiap lokasi acara, Formula E akan memonitor situasi dengan saksama dan mengevaluasi opsi untuk mengatur dan menjadwal ulang balapan setelah skorsing sementara.

"Saat ini adalah waktu untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab dan inilah mengapa kami memutuskan untuk menghentikan sementara musim ini dan bergerak maju dengan memperkenalkan langkah-langkah untuk membekukan balapan agar tidak terjadi selama dua bulan ke depan," kata Pendiri dan Chairman Formula E Alejandro Agag dilansir laman resmi (fiaformulae.com).

"Motorsport memainkan peran utama dalam kehidupan kita dan itu penting, tetapi yang lebih penting adalah kesehatan dan keselamatan staf kami, penggemar dan keluarga mereka, serta warga di kota-kota yang kami berlomba."

"Kejuaraan ABB FIA Formula E akan kembali dengan kekuatan penuh, begitu krisis kesehatan yang sedang berlangsung dan penyebaran COVID-19 telah mereda," pungkas Agag.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9830 seconds (0.1#10.140)