FIFA Rekomendasikan Penundaan Laga Internasional

Sabtu, 14 Maret 2020 - 08:31 WIB
FIFA Rekomendasikan Penundaan Laga Internasional
FIFA Rekomendasikan Penundaan Laga Internasional
A A A
ZURICH - Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) membuat keputusan terkait di tengah krisis coronavirus. FIFA merekomendasikan bahwa semua pertandingan internasional yang dijadwalkan untuk dimainkan pada bulan Maret dan April ditunda karena coronavirus. Selain itu, mereka tidak akan memaksa klub untuk melepaskan pemain mereka untuk tugas internasional pada bulan tersebut.

Event sepak bola sebagian besar terhenti di seluruh dunia saat asosiasi sepak bola negara terdampak berusaha memerangi penyebaran virus yang telah menyebabkan lebih dari 5.000 kematian.

Liga Champions dan Liga Europa musim ini telah ditangguhkan, begitupun dengan masing-masing lima liga top Eropa (Inggris, Spanyol, Italia, Prancis, dan Jerman). Juga jadwal pertandingan Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat dan Liga Utama Skotlandia semuanya ditangguhkan.

Liga Primer, Serie A, dan LaLiga telah berhenti bermain sampai setelah jeda internasional yang dijadwalkan mendatang, sementara Ligue 1 Prancis telah ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. (Baca Juga: Terimbas Corona, Ligue 1 dan 2 Prancis Ditunda).

Sepak bola internasional juga tidak akan berlanjut. Jumat (13/3/2020), FIFA telah merekomendasikan bahwa semua pertandingan internasional yang dijadwalkan untuk dimainkan pada bulan Maret dan April ditunda karena coronavirus.

"FIFA memahami bahwa untuk mengadakan pertandingan dalam keadaan saat ini mungkin tidak hanya menghadirkan risiko kesehatan potensial kepada para pemain (dan kepada masyarakat umum) tetapi juga akan, kemungkinan besar, membahayakan integritas olahraga seperti pertandingan sejauh ini, dimana tim tertentu mungkin kehilangan pasukan terbaik mereka, sementara yang lain mungkin tidak," demikian pernyataan FIFA.

"Untuk menghindari risiko kesehatan yang tidak perlu dan juga situasi potensi ketidakadilan olahraga, oleh karena itu kami merekomendasikan bahwa semua pertandingan internasional yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada bulan Maret dan April sekarang harus ditunda hingga waktu dimana pertandingan dapat digelar di lingkungan yang aman dan terlindungi, baik untuk pemain maupun untuk masyarakat umum."

FIFA menambahkan bahwa klub tidak akan diwajibkan untuk melepaskan pemain untuk setiap pertandingan yang dimainkan.

"Aturan sepakbola umum yang biasanya mewajibkan klub untuk melepaskan pemain untuk pertandingan tim nasional tidak akan berlaku untuk jendela internasional yang akan datang pada bulan Maret/April," katanya.

Kualifikasi Piala Dunia di Asia dan Amerika Selatan telah ditunda bersamaan dengan pembatalan beberapa pertandingan persahabatan internasional.

UEFA belum membatalkan play-off Piala Eropa 2020 yang ditetapkan untuk beberapa pekan mendatang, meskipun jadwal turnamen yang ada, tampaknya diragukan menjelang pertemuan Selasa (17/3/2020).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6236 seconds (0.1#10.140)