alexametrics

Dalam Penguncian, Pebulu Tangkis India Jalani Program Latihan via Whatsapp

loading...
Dalam Penguncian, Pebulu Tangkis India Jalani Program Latihan via Whatsapp
Dalam Penguncian, Pebulu Tangkis India Jalani Program Latihan via Whatsapp
A+ A-
NEW DELHI - Pelatih kepala tim bulu tangkis nasional India, Pullela Gopichand menyiasati latihan dengan menggunakan aplikasi whatsapp. India dalam masa penguncian (lockdown) 21 hari akibat pandemi Covid-19 di negara tersebut.

Menjauhkan diri dari permainan dapat memengaruhi kebugaran para pemain, sehingga Gopichand telah mulai membuat program untuk para atlet bulu tangkis India meskipun melalui whatsapp, sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna mengirim pesan teks, suara, dan video.

“Kami hanya dapat melakukan kebugaran (pelatihan) karena tidak ada yang memiliki akses ke lapangan sehingga kami melakukan apa yang kami bisa," kata Gopichand kepada PTI seperti dilansir Telangana Today.



"Saya mengirim video kepada para pemain tentang apa yang harus dilakukan di grup whatsapp kami, ”

"Ini adalah program generik tetapi diatur sedemikian rupa sehingga dapat melayani semua atlet (termasuk Olimpiade) yang penting," jelas pria 46 tahun, yang sedang menjalani isolasi tiga pekan yang berakhir pada Sabtu (4/4/2020).

Sementara pelatih Dinaz Vervatwala, yang bekerja dengan peraih medali perunggu Olimpiade London 2012, Saina Nehwal, juga mengirim progam latihan kebugaran untuk para atlet bulu tangkis India melalui aplikasi Zoom, sebuah platform untuk komunikasi video.

Pasangan ganda putra Chirag Shetty dan Satwiksairaj Rankireddy, yang diyakinkan akan mendapat tempat di Olimpiade Tokyo 2020, juga merupakan bagian dari kelompok yang mengikuti tips ini.

“Pak Gopi mengirimkan jadwal program kami setiap hari di whatsapp. Ini terutama melibatkan meditasi, latihan di dinding di mana saya memukul shuttlecock ke dinding, memainkan pukulan dan drive saya, yang membantu memperkuat lengan bawah, ”kata Chirag.

“Kami juga melakukan setidaknya satu jam pelatihan di malam hari dengan seorang pelatih. Dinaz melakukan panggilan video melalui aplikasi Zoom dan semua orang bergabung dan kemudian kami berlatih bersama. "

Berbicara tentang program, Satwik berkata: "Program Pak Gopi adalah kombinasi dari banyak hal seperti latihan di dinding, skipping, latihan kecil, latihan pernapasan, lebih seperti menyimulasikan tindakan apa pun yang mungkin di rumah agar tetap tajam."

"Setiap hari berseling, kami juga meminta Dinaz mengikuti kelas kebugaran kami. Dia memberi kami program kebugaran yang sangat menarik dan berbeda, jadi itu menyenangkan. Hampir semua orang ada di sana, Sikki (Reddy), Ashwini (Ponnappa), Sai (B Sai Praneeth), Guru (RMV Gurusaidutt), Kashyap (Parupalli) dan (HS) Prannoy, ”kata Satwik.

Sementara sesi online dapat membuat para pengguna tetap bugar secara mental dan fisik untuk saat ini, untuk kembali ke pertandingan dengan siap ketika BWF memulai kembali kalender internasional.

Namun, Gopichand meyakinkan bahwa para pemain akan mendapatkan setidaknya enam pekan untuk mempersiapkan turnamen setelah ada pembukaan kembali. "Kami tidak tahu kapan sirkuit bulutangkis akan dimulai tetapi setiap kali dimulai, mereka akan menjalani 6-8 minggu persiapan awal," katanya.

“Jika mereka menunda Wimbledon yang dua bulan lagi maka bulu tangkis kemungkinan akan mulai pada Juli-Agustus. Jadi ketika mereka mulai pada bulan Juli atau Agustus, kita akan mendapatkan cukup waktu untuk mendapatkan kembali kebugaran, mempersiapkan dan kemudian pergi dan bermain."

India saat ini berada di bawah penguncian 21 hari untuk menahan penyebaran virus corona yang mematikan, yang telah menginfeksi lebih dari 2.000 orang di India dan lebih dari satu juta di seluruh dunia.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top