alexametrics

Jadon Sancho, si Perantau yang Punya Statistik Menyilaukan

loading...
A+ A-
JAKARTA - Jadon Sancho menjadi primadona dalam beberapa pekan terakhir ini lantaran pemain Borussia Dortmund itu banyak dikaitkan dengan kepindahannya ke sejumlah klub papan atas Eropa. Ini tak lepas dari bakatnya dalam hal produksi gol dan assist.

Pemain muda Inggris itu punya statistik yang mengagumkan dan mampu menyaingi pemain elit di Benua Biru, seperti Cristiano Ronaldo. Dengan bantuan Opta dan statistik lain, SINDOnews mencoba untuk meninjau beberapa angka paling menarik dari karier pemain berusia 20 tahun ini.

Selama tiga musim berada di Bundesliga, Sancho sudah memainkan 96 pertandingan dan telah membukukan 32 gol. Musim ini, dia berhasil menyumbangkan 14 gol dan 15 assist di kompetisi domestik.



Penghitungan 15 assist Sancho dalam 23 pertandingan liga musim ini lebih tinggi ketimbang musim lalu yang hanya mampu memberikan pan akurat sebanyak 14 dalam 34 pertandingan musim lalu. Itu juga berlaku dengan perhitungan golnya. Peningkatan itu juga dapat dilihat dari tingkat konversi tembakannya.

Pada musim pertamanya, Sancho memiliki tingkat konversi sebanyak 10%. Sekarang statistik itu meningkat tajam menjadi 30%-31%. Dalam kombinasi yang ideal, akurasinya meningkat pada saat ia mengambil lebih banyak peluang, dengan Sancho telah mencoba 45 tembakan musim ini dalam 1.806 menit.

Ini jauh lebib baik ketimbang musim lalu yang hanya 40 tembakan ke arah gawang dalam 2.459 menit musim lalu. Saat ini Sancho rata-rata mencetak satu gol atau membantu setiap 82 menit selama tampil di Bundesliga. Total 63 tendangan berhasil dilepaskan dan 33 di antaranya sukses mengancam gawang lawan.

Tingkat konvergensi sang pemain sebesar 85%. Jika menilik lebih jauh, hanya dua pemain di lima liga papan atas Eropa yang memiliki catatan lebih baik daripada Sancho dalam hal gol dan assist musim ini. Mereka adalah Ciro Immobile telah menghasilkan 34 (27 gol dan tujuh assist), Lionel Messi dengan 31 (19 gol dan 12 assist).

Bagaimana dengan Cristiano Ronaldo?


Megabintang asal Portugal itu berada di belakang Sancho jika diakumalasikan gol dan assist. Ronaldo baru mencatatkan 21 gol dan tiga assist dari total 50 tembakan ke gawang lawan. Ini menghasilkan tingkat konversi sasaran sebesar 16,8%. Jika perhitungan gol dan assistnya, CR7 baru mengoleksi 24, sedangkan Sancho sudah mencatatkan 29 (14 gol dan 15 assist).
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top