Lanjutkan Seri A, FIGC Isyaratkan Digelar Sekitar September-Oktober

Selasa, 07 April 2020 - 12:15 WIB
Lanjutkan Seri A, FIGC Isyaratkan Digelar Sekitar September-Oktober
Lanjutkan Seri A, FIGC Isyaratkan Digelar Sekitar September-Oktober
A A A
ROMA - Berbagai terobosan menyelesaikan kompetisi musim ini di tengah pandemi Covid-19 gencar dilakukan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) dan Liga Primer . Italia membidik bulan September atau Oktober sebagai opsi realistis.

Hal itu diperkuat pernyataan Presiden FIGC Gabriele Gravina. Dia mengungkapkan sangat ingin kompetisi dilanjutkan pada akhir Mei. Tapi, dikarenakan lockdown di Italia tidak terbatas, terpaksa harus diundur. Gravina melihat musim gugur antara September atau Oktober sebagai waktu yang bisa dimaksimalkan untuk melanjutkan kompetisi musim 2019/2020.

Namun, hal itu tetap menunggu perkembangan situasi dan rekomendasi otoritas kesehatan. FIGC menegaskan bahwa kesehatan adalah prioritas. "Satu-satunya cara yang tepat untuk menangani keadaan darurat yang serius ini adalah menyelesaikan kompetisi 2019/2020 tahun ini dengan cara apa pun yang kami bisa,” kata Gravina, dilansir football-italia.net. (Baca: Tak Peduli Pandemi Corona, FIGC Ngotot Seri A Digelar Juli atau Agustus)

Sekarang, lanjut Gravina, FIGC sedang mengerjakan serangkaian hipotesis mengelola situasi ini sebaik mungkin. “Seri A hingga September-Oktober cukup memungkinkan. Ini adalah cara untuk menghindari kompromi, tidak hanya musim 2019/2020, tapi juga musim selanjutnya,” ujar Gravina.

Upaya FIGC mencari waktu terbaik melanjutkan kompetisi juga didasari ketatnya aturan lockdown yang diperpanjang hingga 12 April di Italia. Perdana Menteri Giuseppe Conte menuturkan belum mengetahui kapan lockdown akan diakhiri.

“Kami mengikuti arahan komite ilmiah, Tapi, Italia adalah negara pertama yang menghadapi keadaan darurat. Kami telah melakukan yang terbaik berdasarkan pengetahuan yang kami miliki. Validitas tindakan yang telah kami ambil telah diakui WHO dan hasilnya menunjukkan kami berada di jalur yang benar," ujar Conte.

Dia ingin fokus menyelesaikan pandemi Covid-19 yang terus menurun di Italia, dengan 525 kematian dalam 24 jam terakhir dan satu orang dalam perawatan ICU. Pada Minggu (5/4), Italia mencatat angka kematian terendah sejak 19 Maret, memberikan negara itu lebih banyak alasan untuk optimisme dalam perjuangannya melawan pandemi. (Baca juga: Menteri Olahraga Italia Isyaratkan Seri A Akan Dilanjutkan)

Dari Inggris, Liga Primer telah membuat kemajuan mencapai tahap di mana kompetisi bisa dilanjutkan secara tertutup dengan izin khusus. Ada juga klaim bahwa jika krisis mereda selama April, para pendukung akan diizinkan menghadiri pertandingan dalam skenario kasus terbaik.

Liga Primer menerima bahwa kompetisi tidak akan dapat melanjutkan jika krisis Covid-19 memburuk dalam beberapa bulan mendatang. Tapi, mereka berharap pada bulan Juni mendatang, situasi segera membaik. Klub-klub pun telah diperintahkan mempersiapkan comeback pada pertengahan Juni.

Para pemain harus meningkatkan beban latihan mereka mulai Mei. Bila berjalan sesuai rencana, jadwal sembilan pertandingan yang tersisa di Liga Primer dan Piala FA. Namun, kelanjutan Liga Champions dan Liga Europa masih simpang siur. UEFA masih dalam pembicaraan dengan para anggotanya mengenai waktu yang tepat untuk kembali menggulirkan kompetisi. (Alimansyah)
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7473 seconds (0.1#10.140)