Hasil Swab Test Buktikan Pelatih Gong Oh-kyun Negatif Virus Corona

Selasa, 07 April 2020 - 20:35 WIB
Hasil Swab Test Buktikan Pelatih Gong Oh-kyun Negatif Virus Corona
Hasil Swab Test Buktikan Pelatih Gong Oh-kyun Negatif Virus Corona
A A A
JAKARTA - Salah satu pelatih Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun dinyatakan negatif virus Corona atau Covid-19. Kabar itu disampaikan Syarif Alwi selaku dokter PSSI berdasarkan hasil swab test yang dilakukan di rumah sakit di Jakarta.

Swab test adalah metode pengujian dengan menggunakan sampel swab spesimen dari tenggorokan, mulut atau hidung. Kemudian dilakukan serangkaian tes pada sampel swab tersebut menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Dengan cara ini, dapat terlihat ada atau tidaknya DNA virus Corona pada sampel tersebut.
Swab test ini sudah dilakukan Gong Oh-kyun pada Sabtu (4/4), dan hasilnya baru diketahui hari ini atau Selasa (7/4). Dan, diketahui kalau dia dinyatakan negatif mengidap virus yang menyerang saluran pernafasan itu.

Hal ini mengklarifikasi informasi sebelumnya yang menyebutkan bahwa Gong Oh-kyun positif terjangkit wabah yang di impor dari Wuhan, China tersebut. Tentu saja kabar ini disambut gembira oleh jajaran pengurus PSSI.

"Begitu pelatih Gong Oh-kyun dinyatakan positif virus Corona melalui dua kali rapid test, kami langsung melakukan swab test dan hasilnya negatif. Hasil ini langsung kami laporkan kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan," kata Syarif Alwi.

Syarif melanjutkan selama empat hari diisolasi di rumah sakit di Jakarta, perkembangan Gong Oh-kyun terus dipantaunya, termasuk memberikan terapi dan vitamin. "Setelah hasil swab test diketahui, pelatih Gong Oh-kyun langsung diperbolehkan pulang dari rumah sakit mulai hari ini. Saat ini kondisinya baik-baik saja," lanjutnya.

Gong bersama empat pelatih asal Korea Selatan lainnya, yaitu Shin Tae-yong, Kim Hae-woon, Kim Woo-jae dan Lee Jaehong sempat menjalani pemeriksaan virus Corona. Keempatnya dinyatakan negatif dan diperbolehkan pulang ke kampung halaman atas izin PSSI.

Sedangkan Gong Oh-kyun dinyatakan positif dan harus tetap tinggal di Indonesia. Karena itulah, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut gembira hasil swab tes ini karena membuktikan Gong Oh-kyun juga ternyata negatif virus Corona.

“Kita juga berharap kondisi empat pelatih timnas yang sedang pulang ke Korsel terjaga baik. Hingga saatnya nanti dapat kembali ke Indonesia untuk mempersiapkan timnas menghadapi berbagai agenda sepak bola internasional setelah pandemi virus Corona berakhir,” kata Iriawan.

Saat ini PSSI telah melaksanakan berbagai prosedur seperti menetapkan protokol bekerja dari rumah (Work From Home) bagi seluruh karyawan PSSI sejak 16 Maret. Ditambah melakukan penyemprotan disinfektan di kantor PSSI.

PSSI juga telah meminta pelatih, pemain dan karyawan agar self monitoring sambil menerapkan kebijakan social dan physical distancing. Ini sesuai protokol kewaspadaan pencegahan Covid-19 bagi kegiatan keolahragaan yang dikeluarkan Kemenpora pada 17 Maret lalu.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4953 seconds (0.1#10.140)