Tandukan Sheva kalahkan Swedia

Selasa, 12 Juni 2012 - 04:08 WIB
Tandukan Sheva kalahkan Swedia
Tandukan Sheva kalahkan Swedia
A A A
Sindonews.com - Penampilan gemilang diperlihatkan Andriy Shevchenko saat membawa negaranya, Ukraina menundukan Swedia dalam laga penyisihan Grup D di Stadion NSC Olimpiyskiy, Ukraina, Selasa (12/6/2012) dini hari. Diusianya yang sudah 35 tahun, melalui dua tandukkan kepalanya Sheva biasa ia dipanggil membuat Ukraina memuncaki klasemen Grup D.

Bermain di depan lautan kuning pendukungnya, Ukraina memulai laga dengan percaya diri yang tinggi. Pertandingan baru berjalan empat menit, Evgeni Konoplyanka sudah mengancam gawang Swedia. Sayang, bola tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih menyamping tipis ke sisi kanan gawang kiper Andreas Isaksson.

Pada pertengahan babak pertama, giliran penyerang berpengalaman Andriy Shevchenko yang memperoleh peluang emas. Mendapat umpan terobosan Evgeni Konoplyankan, ia mampu meloloskan diri dari jebakan off-side barisan belakang Swedia. Meski sudah tinggal berhadapan dengan kiper Isaksson, eksekusinya kurang sempurna karena bola masih melebar ke sisi kanan gawang.

Tidak lama berselang, Swedia melakukan serangan balasan melalui aksi Kim Kallstrom. Tapi, tendangan Kallstrom masih jauh dari gawang yang dijaga kiper Pyatov. Hingga 10 menit pertama, skuat besutan Oleg Blokhin ini menguasai permainan dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dari lini tengah. Namun rapatnya barisan belakang Swedia membuat Ukraina kesulitan menciptakan peluang emas.

Selanjutnya hingga babak pertama berakhir kedua tim saling bertukar serangan namun pertandingan masih tanpa gol. Memasuki babak kedua tim melakukan tempo permainan yang meningkat.

Hal ini dimulai oleh aksi Ibrahimovic yang mampu membungkam pendukung tuan rumah setelah berhasil menaklukan kiper Pyatov pada menit ke-53. Menerima umpan tarik Kim Kallstrom dari sisi kanan, dengan mudah mantan pemain Ajax Amsterdam itu menyontek bola ke dalam gawang sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Tiga menit kemudian, giliran Shevchenko melalui sundulan jarak dekatnya tak mampu dihalau Isaksson, hal ini membuat Ukraina kembali memperoleh semangat. Tak berhenti sampai disitu lagi-lagi Shevchenko berhasil merobek gawang Swedia pada menit ke 61 yang sekali lagi melalui tandukkan kepala. Memanfaatkan tendangan penjuru, tandukkannya tak mampu dihalau Isaksson.

Hal ini membuat Ukraina unggul 2-1, yang selanjutnya disambut dengan serangan gencar yang dilakukan tim Swedia yang tak ingin kalah dipertandingan pertamanya, namun hingga peluit akhir berbunyi kedudukan tetap 2-1 untuk keunggulan tim tuan rumah Ukraina.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7665 seconds (0.1#10.140)