Yunani menang, rakyat lupakan krisis ekonomi

Kamis, 14 Juni 2012 - 00:20 WIB
Yunani menang, rakyat lupakan krisis ekonomi
Yunani menang, rakyat lupakan krisis ekonomi
A A A
Striker timnas Yunani Georgios Samaras punya harapan mengenai Piala Eropa 2012. Ia berharap kemenangan Yunani bisa menebarkan kebahagiaan bagi Yunani. Berikut wawancara FourFour Two dengan Samaras.

Bisa Anda gambarkan mood Anda di Piala Eropa 2012?
Moodnya luar biasa. Kami menjalani kualifikasi yang berat dan bagi negeri kecil seperti Yunani, tampil di Piala Eropa lagi itu sangat luar biasa.

Apa pandangan Anda mengenai grup A?
Grup ini aneh: tidak ada yang favorit. Setiap tim bisa menang, karena itu setiap tim memiliki nilai tidak lebih dari empat atau lima. Jika salah satu tim meraih dua kemenangan, mereka pasti lolos ke babak berikutnya.

Anda pikir Piala Eropa lebih berat daripada memenangi trofi Piala Dunia?
Di Piala Dunia Anda mungkin mendapat lawan mudah melawan tim Asia atau Afrika daripada di Piala Eropa. Jika tidak ada kejutan, Piala Eropa lebih berat daripada semifinal Piala Dunia. Tapi, Anda tidak bisa mengatakan lagi pertandingan sepak bola internasional itu mudah.

Menurut Anda, sejauh mana Inggris akan melangkah?
Inggris punya liga terbaik dan pemain berkelas, tapi saya tidak tahu terlalu banyak kepergian (Fabio) Capello akan mengubah sesuatu. Yang pasti, Anda tidak pernah dapat mencoret Inggris.

Siapa pemain Yunani yang akan bersinar?
Tim ini generasi baru. Sebagian besar pemain yang membawa Yunani juara Piala Eropa 2004 sudah pensiun. Sotiris Ninis, gelandang 21 tahun asal Panathinaikos, talenta luar biasa. Ada juga Kyriakos Papadopoulos, defender Schalke. Itu bagus bagi tim Yunani.

Apa yang Anda ingin raih secara individu di Piala Eropa 2012?
Saya tidak pernah memandang sepak bola secara personal. Gol saya terjadi berkat tim dan membawa kebahagiaan bagi rakyat Yunani. Jika Anda ingin kejayaan secara personal, Anda harus bermain tenis atau golf.

Problem ekonomis yang membelit Yunani sudah mendunia. Bagaimana tim ini bisa memberikan kebahagiaan bagi rakyat Yunani?
Sepak bola memberikan Anda sesuatu yang spesial. Rakyat bisa melupakan sejenak problem ekonomis untuk sementara. Sepak bola bisa melakukan itu.

Yunani gagal di Piala Dunia 2010. Bagaimana motivasi pemain kali ini?
Kami sedikit kurang beruntung di Afrika Selatan. Kami punya peluang lolos, tapi kami harus bertemu Argentina di laga terakhir dan itu sangat berat. Pengalaman itu bagus bagi kami. Kami tidak punya apa-apa untuk dibuktikan, tidak ada motivasi ekstra. Mereka sudah siap.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7244 seconds (0.1#10.140)