Nasib Belanda di ujung tanduk

Kamis, 14 Juni 2012 - 03:48 WIB
Nasib Belanda di ujung tanduk
Nasib Belanda di ujung tanduk
A A A
Sindonews.com – Sial benar Belanda di Piala Eropa 2012. Datang dengan status unggulan, nasib De Oranje di ujung tanduk. Ya, Robin van Persie dkk terancam gagal ke babak perempat final setelah menelan kekalahan kedua di Grup B.

Setelah dihancurkan Denmark 0-1, De Oranje dilumpuhkan Jerman 1-2 dini hari tadi. Kekalahan itu membuat Belanda di ujung tanduk. Jika ingin lolos ke babak berikutnya, Belanda harus menang dengan selisih 4-0 saat menghadapi Portugal di laga terakhir. Namun, Belanda harus menunggu hasil laga Denmark melawan Jerman. Jika Denmark seri atau menang, pupuslah harapan Belanda.

Bagi Jerman, kemenangan atas Belanda memperbesar kans mereka lolos ke perempat final. Manuel Neuer dkk di tempat teratas dengan nilai 6 dari dua kali kemenangan. Dua gol kemenangan Jerman saat melumpuhkan Belanda dihasilkan tendangan Mario Gomez pada menit ke-24 dan 38.

Sedangkan gol balasan Belanda dilesakkan Robin van Persie di menit ke-73. Namun, sayang, gol Persie tidak mampu menyelamatkan Belanda. Gomez membuka keunggulan Jerman di menit ke-24 setelah lolos dari jebakan offside.

Dengan kelincahannya, Gomez mampu memperdaya kiper Belanda Maarten Stekelenburg. Gomez memanfaatkan umpan terobosan dari gelandang Bastian Schweinsteiger. Skor berubah 1-0.

Gomez kembali menjadi momok bagi Belanda setelah pada menit ke-38 menaklukkan Stekelenburg untuk kali kedua. Hingga akhir babak pertama, Der Panzer memimpin 2-0. Ini gol ketiga Gomez di Piala Eropa 2012. Satu gol Gomez diciptakan saat Jerman menundukkan Portugal 1-0 di laga pertama.

Pada babak pertama, Belanda langsung tampil menyerang. Pada menit ke-6, De Oranje nyaris membuka skor setelah striker Robin van Persie lolos dari jebakan offside. Persie yang hanya berhadapan dengan kiper Jerman Manuel Neuer gagal memaksimalkan peluang setelah tendangannya mampu ditangkap oleh Neuer.

Kali ini, giliran Jerman yang nyaris membuka skor. Memanfaatkan kesalahan Mark van Bommel yang membuang bola justru kearah Mesut Ozil. Pemain Madrid itu langsung melepaskan sepakan keras.

Sayang tendangannya masih bisa diselamatkan oleh mistar gawang. Menit ke 10 van persie kembali menghadirkan ancaman, Setelah mendapatkan umpan manis dari Arjen Robben, bomber Arsenal itu langsung melepaskan tembakan.

Tapi arah bolanya masih melenceng di sisi kanan gawang Neuer. Publik Jerman kembali bergemuruh setelah Gomez kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah ia berhasil melepaskan sepakan keras yang tak mampu dibendung Stekelenburg pada menit ke-38.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6980 seconds (0.1#10.140)