Pertina yakin Indonesia loloskan petinju ke Brasil

Kamis, 19 Januari 2012 - 19:54 WIB
Pertina yakin Indonesia loloskan petinju ke Brasil
Pertina yakin Indonesia loloskan petinju ke Brasil
A A A
Sindonews.com – Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumatera Utara yakin Indonesia meloloskan petinju ke Olimpiade Brasil 2016. Itu sesuai harapan yang diusung Ketua Umum Pengurus Besar Pertina baru terpilih, Reza Ali.

Sekretaris Umum Pengprov Pertina Sumatera Utara Edi Sibarani mengatakan, jika melihat potensi petinju amatir saat ini, dia yakin Indonesia dapat lolos ke Olimpiade.

Apalagi, katanya, waktu menuju Olimpiade masih panjang dan persiapan bisa lebih maksimal dilakukan, terutama pembinaan petinju muda dari berbagai daerah.

’’Kalau bicara lolos Olimpiade, saya optimistis Indonesia bisa. Yang penting saat ini bagaimana membangkitkan kembali dunia tinju amatir di mata internasional. Sebagai contoh, di Medan saja beberapa waktu lalu sudah mendirikan 10 sasana tinju setingkat pengcab. Dan saat ini terus berkembang. Jadi, dalam even olahraga apa pun Sumut khususnya tidak takut akan kehabisan bibit-bibit petinju masa depan,'' kata Edi.

Dia mengatakan, selain dapat meloloskan petinju ke Olimpiade, tugas utama yang harus dijalankan Reza Ali adalah melaksanakan pembenahan di Pertina Pusat. Karena, menurut dia, kunci utama agar semua program kerja dapat berjalan dengan baik, maka organisasi Pertina terlebih dahulu harus dibenahi agar semua dapat berjalan sesuai prosedur.

Selain itu, menyesuaikan dengan kepentingan internasional. Pertina harus menyesuaikan program kerjanya mengacu kepada Asosiasi Tinju Amatir Internasional (AIBA).

''Misalnya sistem penilaian di Indonesia jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lainnya. Demikian juga petinju semi pro harus dikembangkan, sehingga menarik minat masyarakat,” tuturnya.

Menurut dia, Reza Ali harus mampu membangkitkan kembali tinju amatir Indonesia mengingat tokoh asal Sulawesi Selatan itu bukanlah orang baru di dunia olahraga tinju tanah air.

Reza Ali pernah dua periode menjabat sebagai Ketua Pertina Sulawesi Selatan, dan pengurus Pertina Pusat. Dengan pengalamannya tersebut, dia tentunya sudah tahu mana harus dibenahi untuk membangkitkan kembali tinju amatir Indonesia.

''Reza Ali bukanlah orang teoritis. Buktinya dia (Reza Ali) langsung memberikan bantuan peralatan tinju untuk beberapa Pertina di daerah. Mengaktifkan kembali sedikitnya 200 sasana tinju di daerah. Jadi kita berharap kepada Reza Ali supaya cabang olahraga tinju ini di masa mendatang semakin bergairah. Tentunya kita juga menunggu terobosan baru yang akan dilakukan oleh Ali Reza dengan kepengurusannya di tubuh Pertina saat ini,” terang Eddy Sibarani. dody ferdiansyah
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5327 seconds (0.1#10.140)