Jalan menuju puncak klasemen

Jum'at, 20 Januari 2012 - 18:15 WIB
Jalan menuju puncak...
Jalan menuju puncak klasemen
A A A
Sindonews.com - Persibo Bojonegoro bisa menghadapi situasi tak terduga kala menantang Bontang FC di Stadion Mulawarman besok (21/1/2012). Bukan dari sisi kualitas yang dimiliki tuan rumah. Namun dari motivasi bertanding lawan yang mungkin bisa berlipat.

Maklum, Bontang FC kini menjadi tim pesakitan di dasar klasemen dengan dua angka. Situasi ini jelas menyudutkan pelatih Bontang FC Eddy Simon yang posisinya bisa terancam jika situasi tidak banyak berubah dalam waktu dekat.

Karena itu, motivasi tuan rumah diprediksi bakal menggelora untuk mengakhiri paceklik kemenangan. Walau secara teknis sebenarnya Bontang FC merupakan salah satu tim terburuk di Indonesian Premier League (IPL) sejauh ini, namun semangat mereka bisa merepotkan.

Di sini, perhatian pelatih Persibo Paulo Camargo bakal tercurah. Ketika sudah merasa mapan dengan strategi dan kemampuan pemainnya, Persibo sangat mewaspadai tekad Bontang FC. Diakui kubu Persibo, kesulitan menghadapi tim papan bawah adalah semangat bertanding mereka.

''Jelas, Bontang FC pasti merasa tidak nyaman dengan kondisi seperti sekarang. Mereka bisa berupaya jauh lebih keras untuk memetik kemenangan yang selama ini belum dirasakan. Jadi, tantangan utama Persibo memang semangat bertanding lawan,” urai Asisten Pelatih Persibo Wanderley Junior.

Soal strategi, Laskar Angling Dharma rencananya bakal menurunkan formasi menyerang 3-4-3. Di sejumlah pertandingan sebelumnya, formasi ini cukup tangguh hingga mengantarkan Persibo merangsek ke posisi runner-up di klasemen sementara.

Jika berhasil menumbangkan Bontang FC, tim oranye bakal menjadi pemimpin klasemen IPL. Ini jelas sebuah tentangan sangat menarik bagi Samsul Arif dkk. Sebab sejak promosi ke kompetisi level tertinggi dua musim lalu, belum pernah merasakan puncak klasemen.

Di sisi lain, Semen Padang yang memimpin klasemen dengan hanya unggul dua angka dari Persibo, baru bertaMinggi (22/1) menjamu Arema FC. ’’Ya, ini kesempatan emas untuk menjadi pemimpin klasemen. Tapi itu urusan nanti karena kami harus bermain dulu dan berupaya mendapatkan poin,” kata Manajer Persibo Nur Yahya.

Hilangnya Iskandar dan Mekan Nashirov bakal ditutup dengan pemain yang sebelumnya kurang mendapat tempat reguler di tim. Di lini tengah, untuk menggantikan peran Mekan, ada Jajang Paliama yang musim ini lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Sementara posisi Iskandar sebagai striker sayap mungkin diserahkan ke Bijahil Calwa atau Wahyu Teguh. Kedua pemain ini mempunyai karakter yang mirip dengan Iskandar, mempunyai kecepatan dan kemampuan memadai untuk menusuk pertahanan lawan.

Melihat kondisi lawan maupun tim Persibo sendiri, tampaknya minimal satu angka bakal bisa dibawa pulang anak-anak Paulo Camargo. Itu dengan catatan Laskar Angling Dharma minimal bisa memainkan performa seperti di dua laga sebelumnya. kukuh setyawan
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0413 seconds (0.1#10.140)