Shendy tembus Tim Uber

Selasa, 24 Januari 2012 - 20:53 WIB
Shendy tembus Tim Uber
Shendy tembus Tim Uber
A A A
Sindonews.com - Pebulu tangkis putri Jawa Timur Shendy Puspa Irawati menembus skuad Piala Uber Indonesia di kualifikasi yang dihelat di Makau, China pada 13-19 Februari.

Dari 20 nama pemain yang dirilis PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Selasa (24/1/2012), terselip nama Shendy Puspa Irawati yang menjadi satu-satunya pebulutangkis asal Jawa Timur.

''Dari rilis PBSI nama Shendy memang masuk tim Uber," ujar Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PBSI Jatim, Widjanarko Adi.

Bersama Shendy, masuk juga pasangannya saat menjadi semifinalis Malaysia Masters, tahun lalu, Meiliana Jauhari. Masuknya nama Shendy dalam tim Uber sebenarnya bukan kejutan.

Sebab, dua tahun lalu juga sudah menjadi bagian dari Tim Uber Indonesia saat berlaga di Kuala Lumpur Malaysia. Sayangnya, saat itu gadis kelahiran Nganjuk itu belum pernah sekalipun diberikan kesempatan turun.

Namun tahun ini, menurut Wijanarko , peluang Shendy untuk turun cukup besar terutama di babak kualifikasi. ''Secara kualitas, dia masih bisa diandalkan, tapi selama ini dia lebih banyak turun di mix (ganda campuran). Jadi, tergantung pelatihnya saja menilai kemampuan individunya," terang Widjanarko.

Diharapkan Widjanarko, tim Uber Indonesia nantinya berani menurunkan pebulu tangkis muda seperti Shendy. Apalagi, tipe Shendy adalah tukang gebuk yang mana butuh power besar.

''Perlu pemain muda untuk menggedor dari belakang. Shendy ini tipe pemain belakang, kalau digabung dengan Liliyana Natsir atau Vita Marisa pasti cocok karena mereka adalah pemain depan dan Shendy bisa diandalkan di belakang," ulas Widjanarko lagi.

Namun, selama ini Liliyana Natsir lebih banyak perpasangan dengan Vita Marisa. Jika tidak ada perbuhan Wijar khawatir jika tenaga keduanya akan habis. ''Vita sama Natsir sulit diharapkan kalau dipasangkan karena kalah tenaga." ujarnya.

Selain Shendy, dia juga menyebut Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari layak ditampilkan di kualifikasi nanti.

Sementara itu, babak kualifikasi zona Asia diikuti 13 negara untuk Piala Thomas dan 12 negara untuk Piala Uber. Empat negara akan lolos ke putaran final Piala Thomas, bergabung dengan finalis dari zona-zona lain.

Sedangkan di Piala Uber, hanya tiga negara yang akan lolos dari babak kualifikasi. Putaran final digelar di Wuhan, China, 20-27 Mei. Juara bertahan Piala Thomas, China, dan juara bertahan Piala Uber, Korea Selatan, mendapatkan tiket otomatis di putaran final. rachmad tomy
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5938 seconds (0.1#10.140)