Maung Bandung ingin jaga tuah kandang

Rabu, 25 Januari 2012 - 16:39 WIB
Maung Bandung ingin jaga tuah kandang
Maung Bandung ingin jaga tuah kandang
A A A
Sindonews.com - Persib Bandung akan kembali menjalani laga kandang melawan Persija, Sabtu (29/1) mendatang. Laga nanti akan menjadi pertarungan dua tim yang dikenal dengan rivalitas tinggi.

Tim asal ibu kota itu akan menandai laga kandang keenam bagi Persib sepanjang musim ini. Kabar bagusnya, Persib belum pernah kalah di kandang sendiri musim ini
Meski mengalami dua kekalahan di Indonesia Super League (ISL) 2011-2012, Persib merupakan klub dengan rekor kandang yang sangat baik dari kontestan lainnya.

Dari lima laga kandang yang sudah digelar di Stadion Si Jalak Harupat, tiga di antaranya berhasil dimenangi Maman Abdurrahman dkk. Sedangkan dua hasil lainnya berakhir imbang.

Meski mengalami dua kekalahan di Indonesia Super League (ISL) 2011-2012, Persib merupakan klub dengan rekor kandang yang sangat baik dari kontestan lainnya.

Kemenangan 2-1 atas PSPS Pekanbaru, Selasa (24/1) lalu juga menjadi pertanda baik bagi klub kesayangan Bobotoh. Persib berhasil membalaskan dendam di musim lalu di tempat yang sama dengan skor 0-1.

Praktis, sebanyak 8 pertemuan di Bandung, Persib mampu menyabet 2kemenangan, 5 kali imbang dan 2 kali menderita kekalahan.

Selain Asykar Bertuah – julukan PSPS yang merusak rekor kandang Persib di musim lalu, Macan Kemayoran – julukan Persija ajak menjadi tim yang harus dijinakkan Persib jika tren positif di kandangnya sendiri musim ini terus berlanjut. Bambang Pamungkas cs sukses menghentikan laju Persib di Si Jalak Harupat musim lalu dengan skor 2-3.

Statistik kandang Persib musim ini memperlihatkan, 10 gol disarangkan dari 5 laga yang sudah dijalani Miljan Radovic dkk. Sedangkan angka kebobolan mencapai 5 gol dengan catatan 3 kali menang, 2 kali imbang.

Hal tersebut sangat kontras dengan pancapaian rekor tandang Persib. Dari 4 kali kali bermain, Persib kalah 2 kali dan imbang 2 kali. Persib hanya mampu mencetak 3 gol dan kebobolan sebanyak 7 kali.

Manajer Persib Umuh Muchtar mengakui, tim besutan Mamic tidak boleh kalah di kandang sendiri. Ultimatum itu cukup jelas mengingat Persib akan menyaingi tim papan atas ISL musim ini yang grafik penampilan kandang maupun tandang sudah cukup stabil.

Seusai pertandingan lawan PSPS, Umuh mengatakan, dirinya cukup tertekan saat Pangeran Biru tertinggal 0-1 atas PSPS di babak pertama. ''Saya biang pada anak-anak untuk tampil percaya diri. Akhirnya kita berhasil meraih kemenangan di kandang. Ini menjadi obat dari dua kekalahan sebelumnya,” ujar Umuh.

Selain memuji racikan Mamic yang merotasi sebagian besar pemain, Umuh menilai kunci keberhasilan Persib berawal dari kekompaka dan semangat yang tinggi. “Babak pertama kita sempat kewalahan karena pegang bola dan terlalu bermain ke belakang,” tukasnya.

Menurut Umuh, Persib tidak boleh lagi bermain seperti itu untuk menghadapi Persija. “Yang paling seru dengan Persija nanti. Tapi pertandingan lawan PSPS jadi modal bagi kita. Hasil imbang saja kita dikatakan kalah, kita harus menang,” tegasnya.

Kehilangan pilar utama dirasakan pelatih Drago Mamic pada pertandingan melawan Asykar Bertuah. Tiga pemain yaitu Hariono, Moses Sakyi dan M Ilham diparkir dari skuad utama Persib lantaran menjalani hukuman larangan bermain.

Sebelumnya, gelandang asal Australia, Robbie Gaspar, mengalami cedera yang mengharuskannya beristirahat selama lebih dari satu bulan.

Beruntung, ketiga pemain yang diparkir saat laga kandang kelima Persib itu sudah bisa kembali memperkuat Maung Bandung melawan Persija nanti. “Nanti Moses boleh main lagi, Hariono dan Ilham juga sudah bisa main kecuali Gaspar yang masih sakit,” terang Umuh.

Hanya saja, berhembus kabar jika laga Persib kontra Persija nanti terancam digelar di Si Jalak Harupat. Hal itu mengingat pertemuan kedua tim yang memiliki basis pendukung yang fanatik akan mengundang tindakan anarkis.

Pihak keamanan setempat masih menunggu pihak penyelenggara apakah akan memberi izin digelarnya pertandingan. Umuh berpendapat, jika Bobotoh yang akan menonton pertandingan nanti akan tertib.

''Tidak ada masalah, kalo ada masalah baru ditindak. Kenap tidak pakai penonton? Bobotoh mau dikemanakan,” imbuhnya.

Umuh berharap, pertandingan nanti dapat diramaikan Bobotoh untuk mendukung tim kesayangannya. huyogo simbolon
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6563 seconds (0.1#10.140)