Persib memburu victory kelima

Kamis, 26 Januari 2012 - 14:11 WIB
Persib memburu victory...
Persib memburu victory kelima
A A A
Sindonews.com - Persib Bandung siap tempur saat menjamu Persija Jakarta, lawan yang sulit ditaklukkan sepanjang sejarah pertemuan kedua klub. Pasalnya, tim tamu yang berjuluk Macan Kemayoran itu selalu menghadirkan mimpi buruk bagi Maung Bandung.

Musim lalu, Macan Kemayoran dua kali mempermalukan Maung Bandung. Yakni kalah 0-3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta dan takluk 2-3 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Hasil tersebut kian memperpanjang hemegoni Macan Kemayoran atas Persib. Dari total 28 kali pertemuan kedua tim, Persija unggul 15 kali dan Persib hanya 4 kali mampu menaklukan Macan Kemayoran, selebihnya berakhir imbang.

Menaklukan Persija memang bukan perkara mudah. Termasuk di era perserikatan atau di era ketika kompetisi sepak bola profesional di Indonesia dimulai. Pada awal-awal penyelenggaraan kompetisi Liga Indonesia (Ligina), Persib juga kesulitan menghajar Persija.

Dari semua kemenangan yang pernah diraih Persib atas Persija, hanya beberapa sosok ''langka'' saja yang menjadi penentu kemenangan Persib atas Persija. Tercatat sejauh ini hanya tujuh sosok penting yang menjadi penentu kemenangan Maung Bandung atas Macan Kemayoran.

Sosok-sosok penting tersebut di antaranya Kekey Zakaria dan Sutiono Lamso lewat golnya di menit 89 yang menentukan kemenangan 2-1 Persib atas Persija di Liga Indonesia I musim 1994/1995, tepatnya 21 Mei 1995 di Stadion Siliwangi. Kemudian Asep Dayat yang menjadi figur tunggal kemenangan 1-0 Maung Bandung atas Macan Kemayoran di Ligina II musim 1995/1996.

Lalu Eka Ramdani dan Christian Bekamenga yang mencetak dua gol untuk kemenangan 3-0 Persib di Ligina musim XIII musim 2007/2008 di Stadion Siliwangi.

Dua sosok terakhir yang merasakan kebanggaan ganda karena mencetak gol ke gawang Persija dan memberikan kemenangan buat Persib adalah Airlangga Sucipto dan Cristian Gonzales.

Mereka menjadi penentu kemenangan Persib atas Persija 2-1 di Indonesia Super League (ISL) musim 2008/2009 di Stadion Gajayana, Malang.

Dengan bekal motivasi usai kemenangan 2-1 atas PSPS Pekanbaru, Selasa (24/1) lalu. Persib membidik kemenangan ke-5 atas Persija dan layak dinanti siapa figur pemain yang bakal menentukan arah kemenangan bergengsi atas Persija, Minggu (29/1) lusa.

Ada beberapa pemain yang berpotensi menghadirkan petaka kepada Macan Kemayoran diantaranya Miljan Radovic yang sangat piawai dalam mengeksekusi bola-bola mati hingga Moses Sakyi yang mulai perlahan dinilai mulai menunjukan performa terbaik.(Koran SI)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0863 seconds (0.1#10.140)