Kapten Pangeran Biru memburu 100 caps

Jum'at, 27 Januari 2012 - 15:21 WIB
Kapten Pangeran Biru memburu 100 caps
Kapten Pangeran Biru memburu 100 caps
A A A
Sindonews.com - Kapten Persib Bandung Maman Abdurrahman punya misi pribadi saat menghadapi Persija Jakarta, Minggu (29/1/2012). Pemain berusia 29 tahun itu berjanji akan memberikan kemenangan kepada Maung Bandung.
Jika diturunkan pelatih Drago Mamic pada pertandingan nanti, maka sang kapten Persib akan tampil sebanyak 98 kali penampilannya berkostum biru. Dua pertandingan lagi sang pemain bias menembus 100 caps selama berkarir di Persib sejak 2008.

Selama rentang empat musim, Maman selalu menjadi pilihan utama di tim inti. Maman cukup banyak tampil meski pelatih Persib silih berganti sejak era kepelatihan Jaya Hartono, Robby Darwis, Darko Janackovic, Jovo Cuckovic, Daniel Roekito hingga Drago Mamic.

Tercatat, tiga musim sebelumnya, pemain kelahiran Jakarta, 12 Mei 1982 itu sudah membela Pangeran Biru sebanyak 88 kali di Indonesia Super League (ISL). Selama era Kompetisi ISL yang dimulai pada musim 2008-2009, Maman membukukan catatan rekor penampilan terbanyak pemain Persib.

Sedangkan pemain yang mengikuti jejak Maman adalah Hariono (90), Atep (86), Airlangga Sucipto (64), dan Wildansyah (43).

Menyambut pertemuan Persib melawan Persija, mantan pemain tim nasional (timnas) Indonesia akan berusaha tampil total untuk klub kesayangan Bobotoh.

''Ini pertandingan luar biasa yang mempertemukan gengsi antara (Persib) Bandung dengan (Persija) Jakarta. Atmosfir pertandingan pasti akan seru mengingat sudah banyak pertemuan yang terjadi,” ujar Maman saat ditemui wartawan usai latihan di Stadion Siliwangi, kemarin.

Pemain yang memperkuat Persib sejak 2008 itu mengakui, persiapan dia dan koleganya menghadapi Macan Kemayoran – julukan Persija – sudah diberikan pelatih Drago Mamic saat sesi latihan kemarin.

''Hari ini kita latihan dengan mengevaluasi hasil pertandingan kemarin (PSPS Pekanbaru). Saya pikir itu penting untuk menghadapi pertandingan nanti,” ucap pemain bernomor punggung 5 itu.

Sebagai tembok pertahanan Persib, Maman akan bersua dengan Bambang Pamungkas cs. Selama empat musim membela Persib, tercatat Maman belum pernah merasakan manisnya hasil akhir dari pertemuan menghadapi rival asal ibu kota tersebut. Dari 6 kali pertemuan, Persib hanya mampu memenangi 1 pertandingan, 2 kali imbang dan 3 kali kalah.

''Kita tidak usah melihat pada rekor tersebut. Tapi lihat pada pertandingan nanti saja,” tegas pemain yang awal musim ini sempat dikaitkan ke Sriwijaya FC ini. Penampilan Maman sangat diharapkan dapat menghentikan alur serangan dari barisan depan Persija yang sedang meningkat performanya.


Macan Kemayoran memiliki rekor tandang yang bagus musim ini. Empat pertandingan tandang berakhir dengan 3 kali menang dan hanya sekali kalah melawan Sriwijaya FC pertengahan Desember lalu.

Maman mengakui, hasil positif anak-anak Jakarta memang cukup menakutkan. ''Mereka memang berbahaya dengan bermain di kandang lawan. Tapi, saya pribadi siap menghadapi Persija,” tegas mantan pemain terbaik Liga Indonesia 2006 itu. (Koran Sindo)

()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6544 seconds (0.1#10.140)