Perbanyak jam terbang Garuda muda

Jum'at, 27 Januari 2012 - 16:36 WIB
Perbanyak jam terbang Garuda muda
Perbanyak jam terbang Garuda muda
A A A
Sindonews.com – Pemanggilan para pemain muda dalam seleksi timnas senior memiliki makna strategis di masa depan. Selain disiapkan untuk menghadapi Bahrain dalam laga terakhir di kualifikasi Piala Dunia 2014, mental para young guns Indonesia itu dimatangkan untuk persiapan SEA Games 2013.

Dari 10 nama pemain yang sudah pasti dibawa ke Bahrain, hanya tiga pemain yang usianya di atas 23 tahun. Yakni penjaga gawang Semen Padang Syamsidar, pemain belakang Persiba Bantul Wahyu Wijiastanto, dan striker Persibo Bojonegoro Syamsul Arif.

Sedangkan tujuh nama lain adalah mereka yang telah bergabung di timnas U-23 SEA Games XXVI/2011 arahan Rahmad 'RD' Darmawan.

Ketujuh nama-nama yang dipanggil di antaranya Kurnia Meiga, Gunawan Dwi Cahyo, Hendro Siswanto (Arema FC), Ferdinand Sinaga (Semen Padang), Diego Michiels (Persija Jakarta), dan Andik Vermansyah (Persebaya Surabaya). Satu nama lainnya adalah Irfan Bachdim (Persema Malang) yang baru bebas dari sanksi.

Dari komposisi yang ada, terlihat jelas jika pematangan pada talenta Garuda muda menjadi aspek pertama yang dikedepankan pelatih kepala timnas senior Aji Santoso.

Apalagi karena laga kontra Bahrain, tidak akan berarti apa pun bagi timnas Indonesia. Dengan pemikiran itu, tidak ada salahnya jika pertandingan tersebut dijadikan laga uji coba.

’’Memang benar, kami lebih mementingkan untuk membawa pemain-pemain muda saat lawan Bahrain. Laga itu sudah tidak menghasilkan apa-apa, untuk itulah akan lebih bagus jika dipakai untuk menambah pengalaman para pemain-pemain muda kita," ungkap Aji.

Aji yang juga ditugasi menukangi timnas U-23 selepas kepergian RD, juga mempunyai target khusus menempa pemain-pemain muda Indonesia. Pekerjaan jangka pajang jelang SEA Games 2013 di Myanmar, sebenarnya jadi incaran pelatih yang juga mantan punggawa timnas Indonesia era 1990 tersebut.

Aji yang saat timnas muda Merah Putih meraih medali perak berposisi sebagai asisten pelatih, ingin mewujudkan impian kembali meraih emas pada SEA Games mendatang.

Dan untuk menggapai target tersebut, pembekalan kepada pemain-pemian muda Indonesia sudah dilakukan dari sekarang. Karena jika tidak dari jauh-jauh hari, target tersebut akan sulit diraih.

"Kenapa lebih mementingkan pemain muda? Karena memang target utama kami adalah SEA Games 2013 mendatang. Alangkah baiknya jika pertandingan ini dilewati pemain-pemain muda, tentu dengan alasan menambah jam terbang mereka," papar Aji.

Tidak hanya kepada pemain muda yang telah membela timnas, mantan pelatih Persebaya Surabaya ini akan memanggil pemain-pemain yang belum sama sekali membela panji-panji merah putih.

Nama-nama itu sendiri diperkirakan ada delapan pemain, yang terlebih dulu akan menjalani proses penyeleksian dari 30 pemain.

"Saat lawan Bahrain nanti, malah ada pemain yang sama sekali belum pernah membela timnas. Kami juga akan berikan kesempatan kepada mereka. Jika mereka mampu memperlihatkan kelasnya, kenapa tidak diberi kesempatan," terang Aji.

Banyak diberikannya kesempatan pada pemain muda, sangat disyukuri Ferdinand. Pemain spesialis kaki kiri itu menyatakan, jika fokus pada pematangan pemain-pemain muda tentu sangat baik.

"Tentu ini bagus. Semangat baru, target baru, dan ambisi baru dari para pemain-pemain muda akan terlihat disini. Kesempatan-kesempatan seperti ini bagus saya kira," kata Ferdinand. (Koran Sindo)

30 pemain seleksi Timnas senior:

1. Andi Muhammad (PSM Makasar)
2. An Aswar (PSM)
3. M. Jupri (PSM)
4. Aditiya Saputra Dewa (PSM)
5. Ismail Haris (PSM)
6. Zakir Sulaiman (Persiraja Banda Aceh)
7. Bi Zahil Zalwa (Persibo)
8. Sigit Miko Susanto (Persibo)
9. Iqbal Ades (Persikabo Bogor)
10. M Fahri ( Persitara Jakarta Utara)
11. Iman Air (Persijap Jepara)
12. Fendi Yulianto Sugianto (Persijap)
13. Abdul Latif Husin (Persijap)
14. Gipsi Taalit ( Persijap)
15. Ahmad Buhari (Persijap)
16. Safry Amri (Persijap)
17. Farid Agus Dinata (Arema FC)
18. Sunarto (Arema FC)
19. Ahmad Fariz (Arema FC)
20. Ahmad Rizal (Persija)
21. Hendra Adi Bayan (Persija)
22. Saraki (Persija)
23. Zico Aifa (Semen Padang)
24. Doni Andhika Putra (Semen Padang)
25. Putra Syabilunl Rozak (Semen Padang)
26. Ricky Akbar Ohorela (Semen Padang)
27. Ricard Gibert (Semen Padang)
28. M. Alfin Adri (Persebaya)
29. Abdulrahman (Madiun Putra)
30. Ziryawan (Persema)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6074 seconds (0.1#10.140)