Lawan Jeonbuk kok bermodal seri

Senin, 06 Februari 2012 - 20:00 WIB
Lawan Jeonbuk kok bermodal seri
Lawan Jeonbuk kok bermodal seri
A A A
Sindonews.com - Tim nasional (timnas) U-21 hanya mampu bermain dengan skor kaca mata saat beruji coba dengan Makasar United di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Senin (6/2).

Namun, hasil itu tetap dipandang bagus jelang uji coba keenam kontra Jeonbuk Hyundai Motors FC U-21, Jumat (10/2).

Sejauh ini, sudah lima uji coba yang dilalui Yosua Pahabol dkk. Dan dari semua uji coba yang telah dijalani, tidak sekalipun timnas U-21 menelan kekalahan. Uji coba pertama, timnas muda Merah Putih berhasil menekuk timnas U-17 tiga gol tanpa balas.

Kemenangan demi kemenangan terus dikantongi timnas U-21. Setelah menang dari timnas U-17, skuad asuhan Widodo C Putro menundukkan Jakarta FC, 1-0. Di uji coba ketiga dan keempat kontra Persikabo Bogor U-21 dan tim gabungan Persikabo U-21 dan senior, berhasil diakhiri dengan kemenangan, 2-0, dan 1-0.

''Hasil hari ini bagus buat kami karena saya melihat anak-anak sudah menunjukkan kemampuannya dalam memberikan tekanan kepada lawan. Ini jadi bekal bagus saat nanti kami berujicoba dengan Jeonbuk," ungkap pelatih timnas U-21 Widodo C Putro setelah pertandingan di Stadion Lebak Bulus, Jakarta.

Tapi, walau ada sisi positif yang diutarakan Widodo, pelatih berusia 41 tahun juga menegaskan ada sisi negatif dari permainan timnya yang harus segera diperbaiki. Masalah pencarian posisi yang tepat, masih jadi kendala yang harus sesegera mungkin dicari solusinya.

''Tentu saja masih ada kekurangan. Dan saya melihat, pemain masih punya kekurangan dalam hal possesion. Selain itu juga ada masalah dari segi transisi dalam menyerang dan bertahan. Tapi kondisi itu terjadi karena faktor lapangan juga yang tidak rata," papar Widodo.

Selain beberapa kekurangan di atas, Widodo juga menjelaskan jika formasi 4-3-3 yang selama ini jadi skema permainan timnas U-21 belum matang. Tapi satu hal yang terus dijaga oleh pelatih yang juga mantan penggawa timnas Indonesia era 1990 ini adalah, bagaimana caranya membuat skuad asuhannya dalam kondisi yang kondusif.

''Pola 4-3-3 memang belum matang. Pemain-pemain inti pun sebenarnya sudah semakin terlihat. Formasi tersebut memang harus dikembangkan lagi, tapi saya terus berusaha agar tim ini terus mendapatkan suasana yang kondusif. Karena itu juga jadi faktor yang sangat penting," jelasnya.

Setelah ini, Widodo kembali menjadwalkan tiga laga uji coba sebelum terbang ke Brunei Darussalam, 22 Februari mendatang. Tiga laga uji coba tersebut akan dilewati kontra Jeonbuk U-21. Sedangkan dua calon lawan lainnya masih diusahakan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7114 seconds (0.1#10.140)