Zambia juara Afrika 2012

Senin, 13 Februari 2012 - 10:07 WIB
Zambia juara Afrika 2012
Zambia juara Afrika 2012
A A A
Sindonews.com - Benua hitam akhirnya menobatkan Zambia sebagai sang juara Piala Afrika. Zambia sendiri berhasil menyingkirkan Pantai Gading lewat drama adu pinalti (8-7).

Zambia yang notabene sebagai tim kuda hitam mampu menyingkirkan tim kuat seperti Senegal di penyisihan grup dan Ghana di babak semifinal. Tim yang kini dilatih Herve Renard untuk pertama kalinya sejak digelar tahun 1957, berhasil mengondol supremasi tertinggi di benua Afrika tersebut.

Bagi Pantai Gading sendiri sebenarnya sangat difavoritkan untuk menjadi kampiun di Piala Afrika 2012 ini. Dihuni pemain berkulitas seperti Didier Droqba, Gervinho dan gelandang tangguh Yaya Toure menjadi jaminan mutu. Namun kenyataannya belum jaminan tim besutan Francois Zahoui mampu melenggang dengan mudah, apalagi menjuarai gelar antar benua Afrika ini.

Kekalahan di partai final ini juga menambah trek negatif Pantai Gading karena untuk kedua kali setelah pada tahun 2006 Didier Droqba dkk juga kandas dari adu penalti oleh tuan rumah Mesir.

Pertandingan Partai Final ini berlangsung di Stadion Stade d'Angondje, Libreville, Gabon, dini hari tadi, Senin (13/2/2012). Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada gol yang tercipta di antara kedua tim.

Pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu 2x15 menit. Namun keadaan tetap tidak berubah dan adu penalti pun dilakukan untuk menentukan siapa yang keluar sebagai juara.

Zambia berhasil menjadi juara Piala Afrika setelah menang dengan skor 8-7 di adu tendangan penalti. Sepakan Sunzu menjadi penentu yang membawa Zambia menjuarai Piala Afrika untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Dua penendang Pantai Gading yang gagal melakukan eksekusi penalti adalah Kolo Toure dan Gervinho sedangkan Zambia hanya satu pemain, yakni Kalaba.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4844 seconds (0.1#10.140)