Uang, sersan, judo, dan wanita

Senin, 27 Februari 2012 - 09:46 WIB
Uang, sersan, judo, dan wanita
Uang, sersan, judo, dan wanita
A A A
Sindonews.com - Lahir dari keluarga menengah atas, dianugerahi kecerdasan di atas rata-rata membuat Suleiman Abusaidovich Kerimov mudah menapaki tangga orang terkaya di dunia. Dalam usia cukup muda, 45 tahun, Kerimov mengumpulkan USD17,5 miliar.

Walau berita miring terkait dirinya jarang terdengar, sifat playboy Kerimov sesekali berembus. Kerimov lahir di Derbent, Republik Degestan, salah satu wilayah federasi Rusia.

Walau kawasan tersebut salah satu yang termiskin di Rusia, keluarga Kerimov hidup sejahtera. Ayahnya seorang pengacara kriminal dan ibunya staf di bank nasional negara. Pendapatan orang tuanya membuat Kerimov serta dua kakaknya mengenyam pendidikan tinggi.

Kakak lelakinya tercatat sebagai dokter dan saudara perempuannya seorang dosen sastra Rusia. Pada 1983, selepas lulus dengan nilai terbaik dari sekolah menengah tinggi, Kerimov mendaftarkan dirinya ke Dagestan Polytechnic Institute.

Berbekal nilai tinggi dalam ilmu eksakta,Kerimov diterima di sekolah bergengsi tersebut. Namun,di tahun pertama kuliah, dia masuk militer dan ditempatkan di Divisi Misil. Kerimov,yang berpangkat sersan, mengharumkan nama divisinya.

Dia mewakili Divisi Misil dalam turnamen olahraga di antaranya judo dan gulat.Ketika di bangku sekolah pun dia kerap merebut gelar di ajang tersebut.

”Dia memang selalu menonjol dalam matematika dan olahraga. Dia seorang yang pendiam, tapi selalu mengejar apa yang menjadi keinginannya,”ujar sumber yang dekat dengan Kerimov.

Kerimov meninggalkan militer dan meneruskan studinya pada 1986. Dia menuntut ilmu di Fakultas Ekonomi, Dagestan State University. Berpalingnya Kerimov dari bidang eksakta yang dicintainya lantaran perubahan suhu politik di Rusia.

Menjelang runtuhnya Uni Soviet, seseorang dengan pengetahuan ekonomi bakal memiliki masa depan lebih cerah. Lantaran mempunyai otak encer,Kerimov tak memiliki kesulitan untuk bersinar di bidang ekonomi. Tak butuh waktu lama Kerimov menjabat sebagai wakil direktur utama serikat dagang Rusia.

Karier Kerimov semakin melejit ketika dia menikahi teman kuliahnya,Firuze. Putri salah satu partai berkuasa itu membantu Kerimov menjabat sebagai pejabat tinggi di perusahaan pembangkit listrik terbesar di Degestan, Eltav.

Ketika Uni Soviet pecah,konsumen Eltav tersebar ke beberapa negara baru seperti Kazakhstan atau Georgia yang awalnya bagian dari Uni Soviet. Kondisi ini tidak membuat Eltav merugi.

Dengan kecerdikan Kerimov,Eltav bekerja sama dengan Ukraina dan Belarus untuk mendirikan sebuah bank industri federal,Fedprombanka.Bank tersebut lantas mengelola uang sejumlah perusahaan besar di Rusia.Sejak saat itu geliat Kerimov tak terbendung.

Dia menguasai penerbangan kedua terbesar di Rusia,Vnukovo Airlines dan Murmansk Airlines, mendirikan perusahaan minyak Nafta Moskva, membeli saham Gazprom, Sberbank, Polymetal, Polyus Gold, Uralkali, dan pada Januari tahun lalu mendapatkan Anzhi Makhachkala.

Hidup tampaknya sangat indah bagi Kerimov. Tapi, sesekali ayah tiga anak itu diberitakan sebagai playboy kelas kakap.Pengusaha wanita Rusia Natalya Vetlickaya, Zhanna Friske, dan Anastasia Volochkova atau model Ksenia Sobchak pernah dikabarkan menjalin romansa dengan Kerimov.

Nama Kerimov juga pernah dikaitkan dengan jurnalis serta politisi Georgia Tina Kandelaki. Kerimov tengah berdua dengan Kandelaki ketika mengalami kecelakaan di Nice, Prancis, 2006.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5326 seconds (0.1#10.140)