Garuda, awas overconfidence!

Jum'at, 09 Maret 2012 - 04:53 WIB
Garuda, awas overconfidence!
Garuda, awas overconfidence!
A A A
Sindonews.com – Optimisme tim nasional (timnas) U-21 Indonesia untuk menjuarai Turnamen Sultan Hassanal Bolkiah Trophy 2012 makin menggelora. Andik Vermansyah dkk tak sabar untuk mengalahkan Brunei pada partai final di Hassanal Bolkiah National Stadium, nanti malam.

Timnas U-21 diharapkan mampu memutus keringnya prestasi timnas Indonesia. Walau awalnya tidak mencanangkan target tinggi, Andik Vermansyah dkk mampu melaju ke partai puncak. Brunei yang jadi tuan rumah, akan menjadi batu sandungan terakhir untuk meraih gelar juara.

Walau sikap optimistis harus dikedepankan, juru taktik timnas muda Merah Putih Widodo C. Putro tetap mengingatkan para pemain untuk tidak terlalu percaya diri. Mantan pelatih Persela Lamongan ini pun menyatakan, jika anak-anak asuhnya tetap fokus untuk menjalankan semua instruksi yang diberikannya.

"Kami sudah siap tampil saat bertemu Brunei dan optimistis bisa menjadi juara. Tapi, saya juga ingatkan anak-anak untuk tidak overconfidence. Harus tetap fokus pada pertandingan,''ungkap Widodo. ''Para pemain jangan sampai terpancing permainan lawan, karena itu akan merusak permainan."

Mengulang prestasi di tahun 2001 saat timnas U-21 masih diperkuat Hamka Hamzah, Samsidar, dan Rachmat Afandi, kembali jadi incaran timnas muda Merah Putih. Optimisme pun dikobarkan pemain andalan timnas U-21, Andik. Pemain Persebaya Surabaya itu juga menyatakan, akan berusaha sekeras mungkin memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

"Semuanya demi bangsa dan negara, kami akan memberikan hasil yang terbaik. Saya berharap kami bisa bermain seperti ketika mengalahkan Vietnam di semifinal. Saat itu, semua lini bermain dengan baik," papar pemain kelahiran Jember, Jawa Timur, tersebut.

Beberapa antisipasi tentu sudah disiapkan timnas muda Merah Putih. Dan menurut Andik, permainan cepat tim Tebuan, julukan timnas Brunei. Pemain yang saat ini telah mencatakan lima gol, berharap dukungan penuh dari seluruh masyarakat Indonesia untuk mengulang prestasi 11 tahun yang lalu.

"Kami harus mewaspadai serangan balik Brunei. Saya melihat mereka memiliki serangan balik yang begitu cepat. Ini yang harus kami antisipasi. Kami berharap dukungan penuh penonton. Tapi saya yakin, kami akan dapatkan dukungan penuh dari rakyak Indonesia yang ada di Brunei," terang Andik.

Yang paling dikhawatirkan Widodo saat berhadapan dengan Brunei adalah minimnya masa recovery pemain. Hanya memiliki waktu satu hari istirahat, tentu tidak akan mampu membuat kondisi Yosua Pahabol dkk bisa kembali dalam kondisi sempurna layaknya saat menghajar Vietnam di laga semifinal, 2-0, Rabu (7/3).

Garansi memiliki kondisi yang bagus pun, disampaikan dokter timnas U-21 Saad Budiono. Menurutnya, kondisi para penggawa timnas muda Merah Putih, tidak memiliki masalah. Semua pemain siap tempur, tidak ada satu pun yang mengalami cedera.

"Semua pemain dalam kondisi bagus, tidak ada yang terganggu cedera. Dan semua pemain inti saya pastikan bisa diturunkan coach Widodo. Mental dan stamina pemain pun oke saya kira," tandas Saad.

Prakiraan Pemain:

Brunei Darussalam (4-4-2) :
Fakrul Zulhazmi Yusso (gk); Reduan Hj Petara, Hazwan Hamzah, Abd Mu’iz Sisa, Safwan Amaluddin Sabli; Anaqi Sufi Pg Omar Baki, Aqmal Hakeem Abd Hamid, Hendra Azam Md Idris, Najib Hj Tarif; Md Azwan Ali Rahman, Adi bin Said
Pelatih : Kwon Oh Son

Indonesia (4-3-3) :
M. Ridwan (gk); Samsul Arifin, Achmad Faris, Fastabiqul Khairot, Agus Nova; Kurniawan, Ridwan Awaludin, Fadly Manna; Yosua Pahabol, Miko Ardianto, Andik Vermansyah
Pelatih : Widodo C. Putro
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0057 seconds (0.1#10.140)