Kas : Jangan hakimi Rivky

Sabtu, 10 Maret 2012 - 01:30 WIB
Kas : Jangan hakimi Rivky
Kas : Jangan hakimi Rivky
A A A
Sindonews.com - Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi meminta masyarakat dan pendukung Laskar Wong Kito tidak menghakimi kiper Rivky Mokodompit atas tiga gol yang bersarang di gawangnya.
Menurut pria asal Solo itu, kiper kedua SFC itu hanya butuh jam terbang lebih banyak untuk meningkatkan kembali performanya dan kualitasnya. Pasalnya, secara individu mantan kiper timnas Indonesia diajang SEA Games XXVI lalu itu memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan kiper utama SFC yakni Ferry Rotinsulu.

’’Saya minta tolong jangan sudutkan dan hakimi Rivky atas tiga gol tadi (kemarin), karena menurut saya dia hanya masih kurang adaptasi saja karena jarang diturunkan. Saya khawatir performanya malah akan semakin menurun kalau dia disalahkan atas tiga gol itu,” pinta Kas.

Namun meski membela anak asuhnya itu, Kas mengakui jika tiga gol yang dicetak oleh Mitra Kukar memang murni kesalahan Rivky karena telah melakukan blunder. Menurut dia, kurangnya komunikasi diantara Rivky dengan pemain belakang memang telah berakibat fatal.

Tapi dia berjanji akan melakukan evaluasi terhadap kinerja pemain belakang terutama kiper atas tiga gol yang terjadi. Apalagi meskipun berhasil menang, kebobolan tiga gol yang terjadi pada pertandingan kemarin merupakan gol kemasukan terbesar yang harus diterima oleh SFC.

Ironisnya lagi, hal itu justru terjadi saat Ponaryo Astaman dkk bermain didepan pendukung sendiri dan bukan saat berlaga dikandang lawan. Kondisi yang sama juga terjadi saat SFC menghadapi Persisam Samarinda dilaga sebelumnya, saat itu Rivky yang masuk menggantikan Ferry Rotinsulu yang cidera, dua kali melakukan blunder, tapi untungnya kesalahan yang dilakukannya tidak berbuntut gol.

Dalam tur terberat SFC di Papua beberapa waktu lalu pun, gawang SFC paling banyak hanya kebobolan dua gol saat ditaklukkan Persipura 2-1. Begitupula saat melawan Persiwa Wamena, SFC hanya menyerah 1-0 saja. Padahal ketika itu gawang SFC dijaga oleh Rivky Mokodompit.

Jika merunut pada statistik tersebut, maka bisa jadi Rivky menjadi grogi dan merasa terbebani saat bermain didepan publik sendiri. Apalagi tim yang dihadapi merupakan dua kekuatan besar sepak bola tanah air.

''Memang saya kira juga begitu, Rivky hanya gugup dan grogi saat dia menjadi starter justru langsung berhadapan dengan tim kuat macam Persisam dan Mitra Kukar. Apalagi kita bermain di kandang sendiri, pasti dia merasa sangat terbebani, karena kita juga menargetkan kemenangan,” lanjutnya.

Sementara itu, Rivky Mokodompit yang dijumpai usai laga berjanji akan memperbaiki penampilannya di pertandingan selanjutnya.

''Dua pertandingan penting kemarin membuat saya banyak belajar. Saya berharap masyarakat tetap memberikan kepercayaan. Saya berjanji akan bermain lebih baik lagi,”tuturnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4576 seconds (0.1#10.140)