Persibo ogah malu di kandang

Sabtu, 10 Maret 2012 - 06:32 WIB
Persibo ogah malu di...
Persibo ogah malu di kandang
A A A
Sindonews.com - Persibo Bojonegoro mengemban misi berat dalam pertarungan kontra Persebaya Surabaya di Stadion Letjen H Soedirman, nanti sore. Persibo tidak ingin posisi di puncak klasemen terdongkel tim tamu yang hanya selisih satu angka di bawahnya.

Pelatih Persibo Paulo Camargo mengakui ini bakal menjadi laga terberat di kandang pada putaran pertama. Persebaya yang menduduki peringkat tiga klasemen sementara Indonesian Premier League (IPL) mempunyai tradisi bagus pada pertandingan di luar kandang.

Itu yang menjadi titik kewaspadaan tuan rumah yang juga ingin menjadi juara paruh musim. Camargo mengungkapkan, tak ada pilihan lain baginya untuk tetap memainkan permainan khas Persibo, yakni menyerang dan tidak memberikan kesempatan lawan untuk berkembang.

Kembalinya Samsul Arif dan Aang Suparman melengkapi skuad tim oranye yang sebelumnya kalah tipis di kandang Persema Malang. Samsul Arif diharapkan menjadi leader bagi rekan-rekannya di lapangan sekaligus menjadi inspirator kemenangan timnya.

''Ada perbedaan ketika ada Samsul. Dia kapten tim dan motivator bagi pemain lainnya. Kami kesulitan di Malang karena dia tak bisa tampil. Saya meminta Samsul untuk bisa membakar semangat pemain dalam menghadapi tekanan dari Persebaya,” ungkap Paulo Camargo kemarin.

Akumulasi kartu yang diperoleh Novan Setya Sasongko tak merisaukan sang pelatih karena lini tengah masih cukup stok. Ada Jajang Paliama atau Edi Sibung yang bisa dimainkan sebagai sayap kiri, seperti yang selama ini menjadi habitat Novan. Pola 3-4-3 menjadi menu wajib yang akan disajikan Paulo Camargo.

Camargo sekaligus menantang timnya untuk menciptakan gol cepat, kalau bisa di babak pertama. Menurutnya Persebaya kurang begitu bagus saat berada dalam situasi tertinggal. Dari sejumlah laga, tim tamu kurang mempunyai naluri untuk membalikkan keadaan.

''Kami berusaha tidak kebobolan lebih dulu dan kalau memungkinkan sudah bisa unggul di babak pertama. Persebaya mempunyai semangat dan tim bagus, tapi mereka sering sulit untuk bangkit saat tertinggal. Kekalahan mereka di kandang (Surabaya) juga menunjukkan itu,” beber pelatih asal Brasil ini.

Tiga penggedor sudah dipersiapkan Camargo untuk menjebol pertahanan Otavio Dutra dkk. Samsul Arif, Nur Iskandar, dan Jairon Feliciano dalam kondisi siap tempur. Malah bisa jadi sang pelatih memainkan Samsul Arif sebagai striker tunggal menggantikan Jairon.
Boromania, suporter Persibo, melontarkan keinginan menyaksikan trio Samsul Arif, Nur Iskandar dan Wahyu Teguh dipasang bersamaan. Itu cukup beralasan karena ketiga pemain inilah yang telah memberikan bukti kepada publik bahwa mereka tak rugi dijadikan tumpuan.

Camargo meminta Boromania memberikan dukungan penuh dan tidak kalah dengan Bonek yang direncanakan datang ke Bojonegoro. Pertandingan kandang, lanjutnya, selama ini sukses memberikan hasil positif karena salah satunya faktor fanatisme suporter.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0479 seconds (0.1#10.140)