10 tahun David Moyes di Everton

Selasa, 13 Maret 2012 - 10:37 WIB
10 tahun David Moyes...
10 tahun David Moyes di Everton
A A A
Sindonews.com - David Moyes akan genap merayakan 10 tahun menangani The Toffees—julukan Everton— pada Rabu (14/3). Sehari sebelumnya, dia memimpin pasukannya menyambangi Anfield untuk meladeni Liverpool dalam lanjutan Liga Primer. Dengan menangani klub mencapai satu dekade, Moyes akan memantapkan posisinya pada urutan ketiga daftar nakhoda aktif yang setia di Inggris.

Sosok berusia 48 tahun itu berada di belakang Sir Alex Ferguson, merayakan seperempat abad memimpin Manchester United pada 6 November tahun lalu,dan Arsene Wenger, yang 15 tahun mengarsiteki Arsenal pada 1 Oktober 2011.

Layaknya manusia dengan profesi lain, Moyes tentu berharap bisa berbahagia menandai selebrasinya.Kemenangan dibidiknya demi mewujudkan misi membantu Everton bertengger di 10 besar Liga Primer. ”Mengingat jadwal tersisa, saya kira menduduki paro atas klasemen musim ini merupakan pencapaian besar,” ungkap Moyes, dilansir Liverpool Daily Post.

Moyes meninggalkan Preston North End untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Walter Smith pada awal Maret 2002. Pada musim debutnya, dia membawa The Toffees bertahan di Liga Primer dan mengakhiri kompetisi di peringkat 15.

Setelah itu, Everton menunjukkan perkembangan di bawah komandonya. Meski sempat terdegradasi pada musim 2003/2004, Moyes membayar kesalahannya dengan membawa klub Mersyeside itu lolos Liga Champions semusim berselang. Sayang, dia gagal tampil di babak utama karena disingkirkan Villarreal pada fase kualifikasi.

Setelah itu,Everton hanya sekali berada di luar 10 besar (2005/2006, peringkat 11) klasemen.Moyes juga sukses membawa Everton masuk semifinal Pala Liga musim 2007/2008 dan final Piala FA musim 2008/2009.

Performa stabil ini sangat mengesankan mengingat dia tidak mendapat dukungan uang besar. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya Everton jika Moyes memiliki dana tak terbatas layaknya Roberto Mancini atau pelatihpelatih Chelsea era Roman Abramovich.

”Saya heran mengapa tidak ada klub kuat yang menginginkan jasanya.Tapi, justru itu menguntungkan kami.Saya yakin dia akan tetap menangani Everton. Namun, saya sadar harus menjual klub kalau Everton mau maju ke level selanjutnya. Saya kesulitan memberi investasi baginya,” ungkap Direktur Utama Everton Bill Kenwright.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6297 seconds (0.1#10.140)