Peringkat dunia pemain junior PB Djarum melonjak

Selasa, 20 Maret 2012 - 17:24 WIB
Peringkat dunia pemain junior PB Djarum melonjak
Peringkat dunia pemain junior PB Djarum melonjak
A A A
Sindonews.com - Prestasi para pemain ganda junior PB Djarum Kudus dalam serangkaian kejuaraan di Eropa berbuah positif. Mereka langsung memperoleh peningkatan tajam di peringkat dunia junior.

Hasil dari dua turnamen junior di Belanda dan Jerman telah menaikkan peringkat pemain hingga 20 besar. Kevin Sanjaya berhasil menempatkan dirinya di peringkat ke-19 dunia junior. Sementara Edi Subaktiar dan Arya Maulana di ganda putra serta peringkat ganda putri Melati Daeva Oktaviani berada tepat di posisi ke-20 dalam rilis BWF pekan ini.

Melati Daeva Oktaviani berangkat ke Eropa dengan bekal peringkat 91 dunia junior ganda putri dan 87 dunia untuk ganda campuran. Prestasi meraih gelar juara ganda campuran Dutch Junior menaikkan peringkat di sektor ganda campuran menjadi 55. Sedangkan di ganda putri meskipun hanya sampai babak 16 besar, peringkat naik ke posisi 64.

Pekan berikutnya, gelar juara di ganda putri German Junior telah membuat peringkatnya menembus 20 besar ganda putri. Sedangkan di ganda campuran berada di peringkat 38. Begitu juga dengan sektor putra. Duet Edi Subaktiar dan Arya Maulana berada di posisi 20 besar dunia ganda putra.

Mereka berangkat ke Eropa dengan bekal peringkat ke-92 dunia. Kenaikan tersebut berkat prestasi mereka menjadi semifinalis Dutch Junior dan finalis German Junior.

”Meskipun juara di Dutch Junior bersama Melati, peringkat Edi di nomor ganda campuran masih tertahan di posisi ke-84. Hal ini sangatlah wajar karena sebelum berangkat, Edi masih berada di peringkat 433 ganda campuran junior dunia,” kata Yoppi Rosimin, Ketua PB Djarum Kudus.

Kevin Sanjaya yang kini berpasangan dengan Felix Kinalsal berada di peringkat 19 dunia junior. Kenaikan peringkat Kevin dari posisi 44 ke posisi 19 tidak terlepas dari keberhasilannya menjadi semifinalis Dutch Junior.

Posisi Kevin terlihat lebih tinggi dari Arya dan Edi dikarenakan sebelumnya Kevin lebih banyak mengikuti turnamen yang menghasilkan poin. Saat berpasangan dengan Lukhi Apri Nugroho yang kini menghuni Pelatnas, Kevin telah mengikuti turnamen antara lain Kejuaraan Dunia Junior 2011 dan Indonesia Open GPG 2011.

Pasangan Kevin saat ini, Felix Kinalsal juga memperoleh kenaikan peringkat yang cukup tajam dari posisi 525 menjadi 145. Satu pemain ganda lagi yang ikut bertarung ke Eropa, Rosyita Eka Putri berangkat dengan tanpa memiliki peringkat dunia junior. Penampilan pertama masuk babak 16 besar Dutch Junior membuat namanya muncul di peringkat 458 dunia. Lonjakan tajam menjadi peringkat 149 diperoleh setelah menjuarai German Junior.

”Peringkat pemain-pemain ganda junior PB Djarum ini tentunya akan kembali meningkat setelah nilai dari turnamen Banuinvest International Series dihitung pekan depan. Tren peningkatan ini juga akan terus terjaga bila PB Djarum secara konsisten terus mengirimkan mereka bertanding di arena Internasional dan tentu-nya para atlet mampu menjawabnya dengan prestasi,” tambah Yoppi.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5563 seconds (0.1#10.140)