Bolton dihantui tragedi Muamba

Selasa, 27 Maret 2012 - 11:53 WIB
Bolton dihantui tragedi Muamba
Bolton dihantui tragedi Muamba
A A A
Sindonews.com - Bolton Wanderers dihantui problem psikologis jelang laga lanjutan perempat final Piala FA di White Hart Lane, Selasa (27/3). Peristiwa buruk yang menimpa Fabrice Muamba terus membayangi pasukan Owen Coyle.

Bolton dan Tottenham memutuskan laga tetap digelar kendati sebelumnya pihak Bolton berniat mundur.Bolton ingin menghormati Muamba yang sempat kolaps akibat serangan jantung saat tampil melawan Tottenham di White Hart Lane, Sabtu (17/3).

Gelandang kelahiran Kinshasa, Zaire,6 April 1988,itu tak sadarkan diri saat laga berlangsung 41 menit dan menjalani perawatan intensif di London Chest Hospital.

Saat itu,wasit Howard Webb memutuskan tidak melanjutkan pertandingan tersebut setelah berdiskusi dengan kedua tim. Tentu tidak mudah bagi para pemain Bolton melupakan peristiwa yang menimpa Muamba.

Namun, ini adalah sebuah rintangan yang harus diatasi oleh para pemain Bolton agar bisa melewati musim ini dengan baik.Bek The Trotters––julukan Bolton––Sam Ricketts mengakui insiden yang menimpa Muamba sangat memengaruhi kondisi para pemain.

“Insiden tersebut sangat menguras emosi. Saat Muamba terkena serangan jantung, kami merasa sangat terpukul dan seperti kehilangan semangat untuk bermain sepak bola.Tapi dengan kemajuan kesehatannya yang fantastis,membuat kami kembali bersemangat,”kata Ricketts kepada Daily Mail.

Pelatih Owen Coyle juga yakin para pemainnya bisa kembali fokus dan mampu bermain dengan baik, meski diakui akan terasa sulit bagi timnya kembali bertanding di White Hart Lane.

''Tapi,dengan membaiknya kondisi Muamba membuat kami termotivasi. Kami mendapatkan kesempatan kedua untuk kembali bertanding,” ujar Coyle kepada Independent.

Pelatih berusia 45 tahu juga memuji reaksi cepat yang ditunjukkan dokter tim Spurs––julukan Tottenham––saat memberikan pertolongan kepada Muamba.Dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan kesembuhan mantan pemain Arsenal tersebut.

“Tottenham menunjukkan rasa solidaritas yang tinggi,khususnya para staf medis mereka dan Andre Deaner (pendukung Spursdan ahli jantung) yang bekerja dengan sangat baik dalam memberikan pertolongan pertama kepada Muamba, saya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan untuk kesembuhan Muamba,”tutur Coyle.

Kesembuhan Muamba juga menjadi inspirasi Bolton untuk bangkit saat menang 2-1 atas Blackburn Rovers pada lanjutan Liga Primer, Sabtu (24/3). Hasil tersebut membuat Bolton keluar dari zona degradasi.Pencetak dua gol kemenangan Bolton David Wheater mendedikasikan kemenangan tersebut untuk Muamba.

Di kubu Tottenham, pelatih Harry Redknapp yakin cepatnya proses pemulihan Fabrice Muamba sangat berarti bagi pendukung Bolton Wanderers dan Tottenham sehingga kedua pendukung tersebut diharapkan bisa menikmati pertandingan perempat final Piala FA di White Hart Lane.

“Keajaiban terjadi saat jantung Muamba berhenti berdetak selama 75 menit dan dia berhasil diselamatkan. Sekarang kami bisa fokus pada pertandingan dan kedua tim pastinya ingin meraih kemenangan,“ kata Redknapp.

Sementara itu, partai replay perempat final Piala FA akan mempertemukan Sunderland versus Everton di markas Sunderland, Stadium of Light.

The Black Cats––julukan Sunderland––berhasrat besar meraih kemenangan.Gelandang Sunderland, James McClean, yang mencetak satu gol saat Sunderland menang 3-1 atas Queens Park Ranger di Liga Primer, Minggu (25/03), mengaku optimistis dengan peluang timnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5666 seconds (0.1#10.140)