Nilai jual Persiba masih rendah

Rabu, 28 Maret 2012 - 04:16 WIB
Nilai jual Persiba masih rendah
Nilai jual Persiba masih rendah
A A A
Sindonews.com - Publik Bantul yang mengidolakan Persiba harus bersabar melihat tim kesayangannya berkiprah lebih. Sebab, tim ini masih kalah kelas dibanding tim selevel Persebaya Surabaya yang sama-sama bermain di Indonesia Premier League (IPL).

Perbedaan itu terlihat dari belum adanya tawaran bagi tim kebanggaan Paserbumi melakoni uji coba internasional. Padahal, Persebaya saja sudah dua kali ambil bagian di laga internasional. Pertama saat terlibat dalam Unity Cup, dan terakhir lawan Kelantan FA.

Manajer Persiba Briyanto mengatakan, Laskar Sultan Agung belum bisa dibandingkan dengan tim kebanggaan Bonek Mania itu. Dengan basis suporter yang kuat dan nama besar yang disandang, posisi Bajul Ijo memang lebih menjual dari Persiba.

Dia mencontohkan, saat dirinya turut ke Malaysia dalam kejuaraan AFF tahun 2010 lalu, terlihat spanduk bonek bersebaran di Stadion Bukit Jalil. Kondisi itu menjadi bukti banyaknya suporter tim asal Kota Pahlawan itu di Malaysia.

''Jujur saja, di Malaysia saya belum melihat ada spanduk Paserbumi. Jadi kita belum bisa membandingkan dengan mereka yang sudah memiliki nama besar. Mungkin ke depannya kita juga akan seperti itu,'' kata dia.

Eks Manajer Timnas U-17 ini mengatakan, tim yang ada di luar negeri seperti Malaysia mengajukan yang marketable untuk dijadikan lawan tanding. Stasiun televisi yang akan menyiarkan laga uji coba itu tak jauh berbeda. Mereka lebih memilih tim yang mudah mendatangkan sponsor.

''Jadi intinya tidak semata-mata asal tim IPL bisa ditandingkan dengan tim luar. Tapi juga terkait market. Yang paling marketable jelas akan menjadi prioritas. Tv yang menyiarkan dan membiayai laga jelas tak ingin menanggung rugi,'' terang dia.

Meski begitu, lanjut Briyanto, sebagai jawara Divisi Utama nilai tawar Laskar Sultan Agung lebih baik. Sebab, untuk level dalam negeri tim yang kini diasuh Sajuri Syahid sudah tiga kali beruji coba kontra Timnas.

Dua laga kontra Timnas U-23 sebelum SEA Games, dan satu laga lainnya kontra Timnas U-21 asuhan Widodo C Putro yang turun di ajang Sultan Hasanal Bolkiah Cup.

Dia menambahkan, posisi Persiba bisa saja terus naik jika dibarengi dengan prestasi. Peluang yang paling dekat bagi tim kebanggaan Paserbumi di musim ini adalah mengejar target finish sebagai runner-up IPL. ''Kalau bisa runner-up atau bahkan juara, nilai tawar kita akan naik lagi,'' pungkas dia.

()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8305 seconds (0.1#10.140)