PSMS berkoar balas Persebaya di Surabaya

Rabu, 04 April 2012 - 02:28 WIB
PSMS berkoar balas Persebaya di Surabaya
PSMS berkoar balas Persebaya di Surabaya
A A A
Sindonews.com - PSMS memang harus mengakui keunggulan Persebaya Surabaya saat takluk di Stadion Teladan Medan di laga perdana putaran pertama akhir tahun lalu. Namun, pertarungan sebenarnya baru akan tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo Minggu (8/4) mendatang.

Ya, 27 November 2011, PSMS Medan harus kalah 1-2 kontra tim besutan Divaldo Alves. Namun, kala itu, PSMS baru terbentuk dua hari sebelum melakoni laga tersebut. Sedangkan saat ini, asa lebih membumbung. Persiapan jelang putaran kedua sudah digeber selama dua minggu.

Ada yang menarik dari laga tandang PSMS tersebut. Bagi kedua tim yang pernah saling jegal di playoff tahun 2009 lalu, laga ini merupakan laga revans setelah Ayam Kinantan dijungkalkan Persebaya 30 Juni 2009 dengan skor 7-6 (1-1) di Stasion Siliwangi. Skor tersebut akhirnya mendegradasikan PSMS ke Divisi Utama dan mempromosikan Persebaya ke kasta tertinggi sepak bola tanah air di 2009/2010.

Kegagalan bertahan di kasta tertinggi tersebut menjadi kenangan pahit bagi salah satu skuad PSMS, Fadli Hariri. Hand ball yang dilakukannya di kotak penalti menyebabkan PSMS harus ketinggalan 1-0 walau akhirnya bisa dibalas.

Menghadapi Persebaya pula, PSMS Medan bakal mengulangi pertandingan playoff tersebut, dan tentunya bertekad membalas memori kelam tersebut. Laga tersebut merupakan gengsi bagi kedua tim. PSMS Medan berharap bisa menang setelah di tiga laga terakhir hanya mampu bermain imbang.

Bagi pelatih PSMS Fabio Lopez yang tidak mengetahui riwayat tersebut, laga kontra Bledug Ijo-julukan Persebaya memang sebagai salah satu partai rutin yang wajib dilakoni di putaran kedua. Namun, lebih dari itu, di tengah asa yang meninggi, The Killer-julukan lain PSMS Medan-memiliki target lain, memperbaiki catatan sejarah tersebut untuk membalas Persebaya.

"Intinya, ini merupakan pertandingan rutin PSMS. Kami tentu optimistis dengan persiapan yang sedang berjalan saat ini sebagai modal untuk pertandingan menghadapi Persebaya nanti," ujar Fabio Lopez kemarin.

Dari latihan kemarin pagi di lapangan Arhanud Baterai P Titi Kuning, game shadow yang menjadi bagian latihan juga dimainkan dengan baik. Baik skuad A dan B, tidak lagi melakukan operan-operan panjang dari belakang ke lini depan seperti yang sebelumnya sesekali dilakukan.

Namun, skema penguasaan bola (possession ball) diterapkan dari lini belakang menuju tengah dan ke lini depan membangun serangan. Jika gagal menyerang, tim yang melakukan serangan balik juga melakukan hal yang sama, membangun serangan dari kaki ke kaki.

"Harus cermat. Lawan jadi bisa membangun serangan karena kesalahan kamu. Harus main simple, jangan mengambil risiko ketika mengoper bola ke rekan," sesekali ucapan seperti itu keluar dari mulut Fabio.

Direncanakan, Jumat (6/4) mendatang, skuad PSMS Medan akan melakukan latihan pagi sebelum berangkat ke Surabaya siang harinya. "Pelatih bilang, sebelum berangkat, tim lebih dulu latihan pagi hari. Setelah itu, bersiap-siap karena akan berangkat ke Surabaya siang harinya," beber sekretaris tim PSMS Heru Prawono kemarin.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8899 seconds (0.1#10.140)