Hariono disarankan pakai sepeda statis

Senin, 09 April 2012 - 20:53 WIB
Hariono disarankan pakai sepeda statis
Hariono disarankan pakai sepeda statis
A A A
Sindonews.com - Selain harus rutin mengontrol ke dokter pasca operasi tulang, gelandang Persib Bandung Hariono disarankan untuk menggunakan sepeda statis untuk menjaga kondisi fisiknya. Namun, Hariono sendiri yang akan menentukan apakah dirinya akan mengikuti saran dokter tim Persib, Rafi Ghani, tersebut.

Menurut Rafi, perkembangan kondisi Hariono pasca menjalani operasi sudah mengalami perkembangan yang pesat. ''Saat ini Hariono masib dalam tahap pemulihan. Sebetulnya, hari ini dia mau kontrol tapi ada hal yang tidak bisa ditinggalkan. Setelah di minggu ketiga ini perkembangan cederanya jauh lebih baik meski pergerakan masih dibatasi,” ungkap Rafi kepada wartawan di mes Persib, Senin (9/4).

Rafi menjelaskan, Hariono menjalani kalsifikasi atau proses pembentukan kalsium pada jaringan lunak dan membuatnya menjadi keras. Selama 3 minggu terakhir dia menjalani proses kalsivikasi halus. ''Kalau ada fraktur tulang itu kita reposisi. Melalui tindakan operasi pergerakannya dibatasi supaya bagian cedera itu lekas pulih,” beber Rafi.

Sebetulnya, Hariono menjalani proses pemulihan pasca operasi selama 4-6. Namun Rafi mengakui jika Hariono menjalani sesuai prosedur, waktu pemulihan akan lebih cepat. “Mudah-mudahan bisa lebih cepat. Dia disarankan untuk pakai sepeda statis. Untuk pemakaian sepeda statis tidak ada batasnya, bisa 2-3 kali sehari. Itu tergantung Hariono,” jelasnya.

Rafi menambahkan, dengan bersepeda statis, Hariono dapat mengejar ketertinggalan dari latihan rutin yang dijalani tim Persib. ''Bagus untuk menjaga fisik dan kondisi jantungnya,” tuturnya.

Untuk terus memantau kondisi setelah menjalani operasi, Hariono juga akan berkonsultasi dengan ahli ortopedi. ''Ini dilakukan agar perkembangannya kondisinya semakin bagus,” tandasnya.

Hariono sendiri mengalami cedera saat diturunkan melawan Gresik United, 19 Maret lalu. Mantan pemain Deltras Sidoarjo ini mengalami cedera setelah berbenturan dan tertimpa pemain Gresik, Gustavo Chena. Dia menjalani operasi tulang belikat pada 22 Maret lalu.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5303 seconds (0.1#10.140)
pixels