Da Rocha masuk, Macan Kemayoran makin galak

Selasa, 10 April 2012 - 05:57 WIB
Da Rocha masuk, Macan Kemayoran makin galak
Da Rocha masuk, Macan Kemayoran makin galak
A A A
Sindonews.com - Asisten pelatih Persija Jakarta, Toyo Haryono, menilai kondisi tim berjuluk Macan Kemayoran sudah kondusif. Berbagai evaluasi sejak memulai putaran kedua Indonesian Premier League (IPL), membuat kondisi tim cukup bagus.

Persija memulai putaran kedua IPL dengan sangat baik. Kemenangan Persija 3-1 atas Persiraja Banda Aceh di Stadion Wilis, Madiun, Sabtu (7/4), mengangkat moral tim yang jeblok saat mengakhiri paro pertama IPL. Sebelum akhirnya merangkat naik ke peringkat ketujuh di klasemen sementara putaran pertama, Persija hanya mampu menduduki peringkat ke-10.

Masuknya beberapa pemain anyar menurut Toyo, menjadi salah satu kesuksesan timnya di paro kedua musim kompetisi. Salah satu pembelian yang dinilai memberikan kontribusi besar adalah, masuknya mantan pemain PSM Makassar dan Persipura Jayapura, David de Rocha. Menurut Toyo, De Rocha mampu membuat lini tengah tim Macam Kemayoran lebih berkembang saat ini.

"Evaluasi sudah berjalan dengan baik, sejak kami memasuki putaran kedua IPL. Masuknya pemain-pemain baru seperti David (De Rocha) memberikan pengaruh besar kepada tim kami. Persija terlihat lebih solid saat ini," ungkap Toyo.

Namun, walau menilai skuad asuhannya sudah cukup baik saat ini, Toyo tetap berpendapat akan ada beberapa perbaikan. Dan yang ingin dikedepankan pelatih yang mengisi pos juru taktik sejak mundurnya Jaya Hartono, kerja sama antarpemain lebih diperbaiki lagi. Selain itu, masalah home base yang masih belum ada kepastian, juga diharapkan Toyo sesegera mungkin diselesaikan.

"Kerja sama tim harus lebih diperbaiki lagi saya kira. Karena saya menilai, tim ini kadang sering kali kehilangan konsentrasi di pertengahan laga. Dan itu berimbas kepada kerja sama tim. Soal kadang, itu juga masalah di luar tim. Karena biar bagaimanapun, itu akan sangat berpengaruh kepada pemain," tutur Toyo.

''Evaluasi juga akan kami utamakan di berbagai lini. Seperti lini belakang contohnya, saat berhadapan dengan Persiraja. Kesalahan koordinasi di lini pertahanan yang membuat terciptanya gol lawan. Selain itu di lini depan, juga harus ada perbaikan. Kami akan berusaha mengasah kinerja para pemain depan," sambungnya.

Untuk mengisi posisi-posisi yang masih kurang maksimal, sebenarnya Toyo memiliki beberapa calon. Tapi usaha untuk mendapatkan pemain-pemain yang diinginkan, Toyo mengaku masih memililki beberapa beberapa kendala. Dan kendala utama adalah, masih terikatnya sang pemain dengan klub-klub yang diperkuatnya saat ini.

"Kami masih membutuhkan minimal tiga pemain baru di belakang, tengah, dan depan. Saya sebenarnya masih berkeinginan mendatangkan pemain baru, tapi kendala yang kami miliki adalah, pemain-pemain tersebut masih terikat kontrak dengan klub-klubnya masing-masing. Mungkin, untuk putaran kedua ini, kami masih terus mengupayakan pemain yang ada," papar Toyo.

Lebih kondusifnya tim Macan Kemayoran saat ini, juga diakui tim manajemen. Saat ini menurut sang manajer Ardhi Tjahyoko, timnya lebih solid dalam permainan. Dan itu tadi, masuknya beberapa pemain baru, membuat Persija lebih bervariasi dalam menjalani suatu pertandingan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7646 seconds (0.1#10.140)