Siliwangi bisa jadi home base Persib

Kamis, 12 April 2012 - 00:27 WIB
Siliwangi bisa jadi home base Persib
Siliwangi bisa jadi home base Persib
A A A
Sindonews.com - Stadion Siliwangi bisa menjadi hombase atau tempat penyelenggaraan pertandingan kandang Persib Bandung selama putaran II kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2011-2012. Namun, beberapa hal harus diperhatikan agar Siliwangi yang dikenal memiliki nilai historis dengan Persib bisa digunakan sebagai kandang.

“Untuk sekarang ini kita perlu komitmen dari Bobotoh terutama agar menyaksikan pertandingan Persib dengan tertib. Sedangkan pihak Polrestabes sudah terbuka dan merreka sama sekali tidak menghambat izin keamanan. Kita dinilai dari dua pertandingan di Siliwangi,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan Persib Ruri Bachtiar, Rabu (11/4).

Dua pertandingan itu yakni saat Persib kontra Gresik United, Rabu (11/4) dan Persiba Balikpapan, Minggu (15/4). Jika dalam dua laga itu Bobotoh berlaku tertib, maka bukan tidak mungkin panpel akan memilih Siliwangi sebagai menjadi pilihan utama dalam menggelar laga kandang Persib.

''Semuanya tergantung pada dua pertandingan tersebut. Setelah itu kita sama-sama lakukan evaluasi baik dengan pihak kemananan maupun Bobotoh,” terang Ruri.

Kapasitas Siliwangi sendiri diakui Ruri memang lebih kecil dibanding Si Jalak Harupat yang berlokasi di Kabupaten Bandung.

''Tapi sebenarnya daya beli penonton selama putaran pertama tidak jauh dari 13.000-15000 penonton. Justru di Jalak sering terjadi kebocoran penonton yang biasanya terjadi sejak 15 menit babak pertama. Yang asli membeli tiket ya sekitar itu,” paparnya. Ruri menambahkan, kecuali lawan Persija, di putaran pertama merupakan rekor penonton yang belum terkalahkan.

Sementara, di Siliwangi dengan kapasitas 29.000 penonton, Panpel berani mengeluarkan 23.125 lembar tiket pada laga Persib kontra Gresik. ''Selain itu, cost operasional di Jalak lebih besar. Biaya untuk stadion, pengamanan dan operasional tim yang paling banyak biayanya. Di Siliwangi contohnya, pintu masuk ada 9, sedangkan di Jalak ada 16 pintu,” ujar Ruri.

Selain itu, Panpel juga berharap dapat mengantisipasi potensi bentrok jadwal pertandingan kandang Persib dengan Persikab Kab Bandung di Stadion Si Jalak Harupat. Tidak menutup kemungkinan selama putaran II Indonesia Super League (ISL)Maung Bandung - julukan Persib lebih banyak menggunakan Stadion Siliwangi sebagai tempat untuk menggelar laga kandang.


Si Dalem Bandung – julukan Persikab – sebagai empunya Stadion Si Jalak Harupat bakal menghadapi jadwal padat seiring dengan mulai digelarnya Piala Indonesia 2012. Ditambah kemungkinan lain seperti penggunaan stadion dalam ajang Piala Suratin oleh skuad Persikab Junior yang akan mulai bertanding di ajang Piala Suratin 2012 pada pertengahan April ini.

''Kemungkinan jadwal bentrok dengan Jalak bisa saja kembali terjadi. Sebagai antisipasi kita akan manfaatkan Stadion Siliwangi. Pihak panpel, Bobotoh dan pihak keamanan berharap dua pertandingan ini dapat menjaga situasi kondisusif," tambahnya.

Potensi terjadinya bentrok jadwal pertandingan sendiri kemungkinan besar terjadi saat laga kandang Persib melawan Mitra Kukar pada 2 Juni nanti. Di hari yang sama Persikab akan memainkan laga kandang melawan PSCS Cilacap.

Karena itu, Panpel Persib berharap kelancaran dan ketertibanBobotohbaik sebelum, saat maupun sesudah pertandingan. ''Stadion Siliwangi bisa dipakai jikamemenuhi penilaian dari evaluasi panpel dengan pihak keamanan. Kalau Bobotoh tertib, ke depan kita tidak akan sulit menggelar laga di Siliwangi. Apalagi main di Siliwangi kan selalu ada hal yang berbeda,” tandas Ruri.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7113 seconds (0.1#10.140)