Les Gones memburu dua trofi

Kamis, 12 April 2012 - 09:58 WIB
Les Gones memburu dua...
Les Gones memburu dua trofi
A A A
Sindonews.com - Olympique Lyon berhasil membukukan rekor baru klub. Untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, Les Gones akan mengikuti dua final ajang piala sekaligus dalam musim yang sama, yakni Piala Prancis atau Coupe de France dan Piala Liga Prancis atau Coupe de la Ligue.

Lyon baru saja menembus partai puncak Coupe de France seusai melumat Gazelec Ajaccio 4-0 di Stade Francois Coty, dini hari kemarin. Ini ketujuh kalinya klub yang kini diasuh Remi Garde itu melangkah ke final di ajang ini.

Terakhir kali mereka menapaki partai puncak pada Coupe de France edisi 2008 yang berakhir kemenangan 1-0 atas Paris Saint-Germain (PSG). Dengan hasil ini,Lyon berpeluang merebut trofi kelima Coupe de France.

Di final, Les Gones akan menghadapi pemenang antara US Quevilly kontra Stade Rennais yang berlangsung di Stade Michel d’Ornano, dini hari tadi. Laga pamungkas akan digelar pada Sabtu (28/4) di Stade de France.

Terpenting, kemenangan itu melengkapi prestasi Lyon di Coupe de la Ligue.Di kompetisi ini, Garde juga berhasil membawa pasukannya ke final setelah menyingkirkan FC Lorient 4-2,31 Januari lalu.

Sukses ini merupakan pertama kali bagi Yoann Gourcuff dkk menembus partai final di dua kompetisi tersebut. Lyon kini menjadi klub Prancis ketiga yang mampu melakukannya setelah PSG (1995,1998 dan 2008) dan Lorient (2002).

''Kemenangan ini memberi kami kepercayaan diri. Ini menumbuhkan kembali ambisi dan semangat juang para pemain yang cukup lama tidak meraih gelar.”ujar Remi,dikutip Reuters.

Pamor Lyon mulai memudar setelah sukses menjuarai Ligue 1 sebanyak tujuh kali secara beruntun (2001/2002–2007/2008) dan Piala Prancis 2008.Setelah periode emas itu, klub yang bermarkas di Stade de Gerland tersebut tidak pernah lagi mengangkat trofi.

Musim ini Les Goneshampir dipastikan tidak memenangkan Ligue 1. Walau masuk jajaran 4 besar, dalam enam laga sisa mereka tertinggal 10 angka dari Montpellier dan PSG yang menempati posisi 1 dan 2 klasemen sementara.

Melihat peta persaingan,akan sangat sulit memangkas defisit tersebut. Karena itu,dengan mengikuti dua final sekaligus,peluang Lyon meraih setidaknya satu gelar pada musim ini terbuka cukup lebar.

Pasalnya, di atas kertas, kualitas Quevilly dan Rennais yang menjadi calon lawannya di final Piala Prancis masih berada di bawah Les Gones. Lawan Lyon di final Piala Liga Prancis, Sabtu (14/4), adalah Olympique Marseille. Lyon juga berpeluang merebut trofi ini karena performa Marseille saat ini tengah terpuruk.

Statistik menunjukkan pasukan Didier Deschamps itu telah melewati 11 pertandingan terbaru di semua kompetisi tanpa kemenangan. Jika skenario memenangkan dua trofi piala dapat diwujudkan Lyon, mereka akan menjadi tim Prancis kedua yang mampu menjuarai Piala Prancis dan Piala Liga Prancis dalam satu musim. Saat ini,baru PSG yang mampu melakukannya yakni pada 1995 dan 1998.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8715 seconds (0.1#10.140)