Pesan CEO Liga Primer Inggris untuk sepak bola Indonesia

Jum'at, 13 April 2012 - 08:21 WIB
Pesan CEO Liga Primer Inggris untuk sepak bola Indonesia
Pesan CEO Liga Primer Inggris untuk sepak bola Indonesia
A A A
Sindonews.com - Pelajaran berharga untuk memiliki kompetisi apik disampaikan CEO Liga Primer Richard Scudamore. Menurut dia, struktur sepak bola yang solid menjadi salah satu aspek prioritas Inggris dalam membentuk kompetisi bagus.

Namun, memiliki kompetisi ideal dan berbobot tentu bukan jadi pekerjaan mudah.Hal itu juga dilakukan Inggris di awal-awal menggelar kompetisi dengan level top dunia. Richard menjelaskan, Inggris telah memulai pembenahan sistem kompetisi yang ada sejak 1888 saat Willian McGregor membuat liga pertama.

''Sebenarnya terdapat situasi yang berbeda.Alasan mengapa Liga Primer Inggris sangat sukses karena kami telah memulai sejarah sejak 1888 saat Willian McGregor membuat liga pertama. Anda harus memiliki struktur sepak bola yang solid untuk mewujudkan hal itu,”ungkap Richard di SDN 02 Cideng, Jakarta, Kamis (12/4).

Berbagai saran pun diberikan Richard. Dia meminta seluruh pihak yang terkait dengan persepak bolaan Indonesia bisa menjalani berbagai peraturan yang ada. Menurut dia, jika itu bisa dilakukan dengan baik, bukan tidak mungkin persepak bolaan Indonesia bisa berkembang ke depan.

''Saran saya kepada semua orang yang ada di Indonesia adalah milikilah peraturan yang dipatuhi semua orang dan disepakati bersama.Anda harus bekerja sama untuk itu. Di Inggris, struktur merupakan hal yang fundamental untuk dilakukan,”papar Richard.

Selain beberapa faktor di atas,Inggris yang merupakan salah satu kiblat sepak bola dunia menganggap asosiasi (FA) di atas segalanya. Dia menerangkan, apa pun yang ada di persepak bolaan Indonesia, semua pihak harus bersama menyelesaikannya.

''Di mana terdapat liga yang kuat, di situ ada asosiasi sepak bola yang harus dihormati bersama. Anda harus memutuskan untuk menjalani yang mana, apakah di struktur organisasi resmi atau selalu mempermasalahkan isu,”ujar Richard .

Richard pun ingin sekali memberikan kontribusi khusus pada persepakbolaan Indonesia. Salah satu yang diharapkan adalah mempersiapkan generasi penerus persepakbolaan Tanah Air.

''Liga Primer Inggris merupakan pendukung terkuat sepak bola dan pendidikan di Indonesia. Kami percaya bahwa kami tidak hanya membantu bintang-bintang berbakat masa depan dari tim nasional Indonesia, tapi juga membantu mempersiapkan generasi penerus pemimpin Indonesia ke depannya,”paparnya.

Sementara itu, sambutan atas kedatangan berbagai elemen-elemen penting Inggris ke Tanah Air diutarakan Direktur British Council Keith Davies. Bagi dia, tidak hanya sepak bola yang dikedepankan, tapi juga memaksimalkan aspek pendidikan di samping sepak bola.

''British Council percaya, kami dapat menggunakan kekuatan olahraga untuk menjalin hubungan budaya internasional yang lebih baik, khususnya bagi anak-anak Indonesia,”tandas Davies.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6565 seconds (0.1#10.140)