Ronaldo rekor, Messi rekor

Senin, 16 April 2012 - 07:42 WIB
Ronaldo rekor, Messi rekor
Ronaldo rekor, Messi rekor
A A A
Sindonews.com - Persaingan Real Madrid dan Barcelona tak hanya terjadi pada perburuan gelar La Liga. Dua pilar andalan mereka, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, pun terlibat dalam persaingan sengit sebagai El Phicichi alias top skor, bahkan keduanya mencetak rekor baru setelah membawa tim masing-masing menuai kemenangan, Sabtu (14/4).

Ronaldo mencetak gol ke-41 setelah membawa Los Blancos unggul 3-1 atas Sporting Gijon di Santiago Bernabeu. Ronaldo mencetak gol pada menit ke-74, sedangkan dua gol lagi dikemas Gonzalo Higuain (37) dan Karim Benzema (82). Gol Sporting dilesakkan De Las Cuevas dari titik penalti pada menit ke-30. Total, Ronaldo mencetak 41 gol dalam 33 laga La Liga.

Torehan itu melampaui rekor yang ditorehkannya musim lalu dengan 40 gol dalam semusim, dan memosisikan dirinya sebagai top skor. Di Primera Liga musim ini, rata-rata Ronaldo mencetak 1,24 gol setiap laga.

Catatan itu masih bisa bertambah lantaran liga masih menyisakan lima laga. Total musim ini CR7––julukan Ronaldo––sudah mencetak 53 gol dari 48 laga, setara dengan gol yang dikemasnya musim lalu yang diperoleh dalam 54 pertandingan.

Rinciannya, pada musim 2011/2012 sebanyak 41 gol di liga, 3 di Copa del Rey, 8 di Liga Champions, dan 1 di Piala Super Spanyol. Asisten Pelatih Real Madrid Aitor Karanka mengatakan, rekor yang ditorehkan Ronaldo berasal dari kerja sama tim yang bagus dan seluruh pemain mempunyai andil untuk meraih juara.

''Mereka yang mengatakan Jose Mourinho pelatih yang defensif,itu sangat salah. Lihat saja statistik pertandingan,”ungkap Karanka dikutip Marca.

Namun, rekor 41 gol yang dicatat Ronaldo di liga tak bertahan lama.Sekitar dua jam berselang, Messi berhasil menyamakan torehan tersebut. Messi menyumbang dua gol Barcelona mengalahkan Levante 2-1 di Ciutat de Valencia. Gol Messi dikemas pada menit ke- 64 dan dari titik penalti pada menit ke-72, sebagai respons atas gol Levante yang dicetak Jose Javier Barkero melalui penalti di menit ke-23.

Dengan tambahan dua gol tersebut,kini Messi telah mengoleksi 201 gol selama empat musim, saat Barcelona ditangani Entrenador Josep Guardiola. Rata-rata Messi mencetak 0,96 gol per laga. Torehan 243 gol itu menempatkan Messi sebagai top skor sepanjang masa El Azulgrana,menggeser Cesar Rodriguez (234 gol).

''Tentu saya bangga dengan prestasi dan apa yang saya raih bersama Barcelona. Tetapi bukan itu yang saya pikirkan sepanjang waktu,”ungkap Messi dilansir The Sun.

Di tangan Guardiola,Messi memang semakin tajam.Pada musim pertama Guardiola (2008) menangani El Azulgrana,Messi mencetak 38 gol dari 51 laga resmi,lalu bertambah 47 gol dari 53 laga pada musim berikutnya,dan 53 gol dari 55 laga pada musim ketiga.

Musim ini Messi telah mencetak 63 gol,dan masih akan bertambah lantaran masih ada sejumlah laga yang akan dilakoni di depan, seperti final Copa del Rey, semifinal Liga Champions, dan lima sisa laga Primera Liga.Dari 63 gol tersebut, 41 gol tercipta di Primera Liga,14 gol di Liga Champions,2 di Copa del Rey,3 di Piala Super Spanyol,1 di Piala Super Eropa,dan 2 di Piala Dunia Antarklub.

Dengan rata-rata 1,2 gol per pertandingan,Messi tertinggal empat gol lagi dari rekor 67 gol selama semusim yang dipegang penyerang legendaris Jerman,Gerd Mueller,bersama Bayern Muenchen. Guardiola mengatakan kedua pemain tersebut, Ronaldo dan Messi,akan tetap mencetak gol lantaran punya semangat yang bagus.

''Sangat menyenangkan melihat mereka dapat menikmati permainan. Mereka berdua adalah pemain top,”ungkap Guardiola dilansir Marca. Guardiola menolak untuk masuk dalam kontroversi dalam memilih yang terbaik di antara kedua pemain itu,meskipun dirinya selalu mengatakan Messi lebih baik dari semua tanpa diskusi apa pun.

Dengan kemenangan Madrid dan Barcelona, posisi puncak klasemen Primera Liga masih belum berubah. Madrid di puncak dengan 85 poin, sedangkan Barcelona di bawahnya dengan 81 angka.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5243 seconds (0.1#10.140)