Persiba tak mau overconfidence

Kamis, 19 April 2012 - 03:41 WIB
Persiba tak mau overconfidence
Persiba tak mau overconfidence
A A A
Sindonews.com - Persiba Bantul berada di atas angin jelang duel kontra Persijap Jepara. Laskar Sultan Agung unggul secara psikologis atas skuad Laskar Kalinyamat, julukan Persijap. Tak hanya itu, statistik pertamuan kedua tim memihak Laskar Sultan Agung.

Empat pemain inti yang absen saat melawat ke Stadion H Dimoerthala, kandang Persiraja bakal kembali turun. Kembalinya empat pilar ini bakal menambah kekuatan tuam rumah. Dari seluruh skuad inti hanya Eduardo Bizzaro yang absen akibat akumulasi kartu. Namun posisinya dipastikan digantikan Slamet Widodo.

Tak hanya itu, statistis pertemuan juga memihak kedua tim. Dari tiga pertemuan baik di laga uji coba maupun laga resmi, Laskar Sultan Agung dua kali meraih kemenangan. Sekali di kandang dan di Stadion Gelora Bumi Kartini. Sedangkan Persijap sekali menang di putaran pertama IPL lalu.

Arsitek Persiba Sajuri Syahid mengakui keunggulan psikologis skuad asuhannya. Menurut dia, kembalinya empat pilar tim plus dua kekalahan beruntun yang baru dialami Laskar Kalinyamat dari PSM Makassar dan Persik Kediri memberi keuntungan bagi timnya.

Meski begitu, Sajuri mengaku tak ingin gegabah. Guru SMAN 1 Pajangan ini tak ingin memandang sebelah mata skuad Agus Yuwono. Dia tak ingin anak asuhnya over confident seperti saat bertandang ke Jepara di putaran pertama IPL. Saat itu tim asuhannya di atas angin.

Namun kepercayaan diri berlebih menjadi bumerang yang berakibat kekalahan menyakitkan bagi skuad asuhannya. ''Kita tak ingin menganggap enteng. Anak-anak juga tidak boleh overconfidence. Belajar dari putaran pertama lalu, kekalahan kita justru karena terlalu percaya diri,'' terang dia.

Sajuri menambahkan, dirinya juga senang karena anak asuhnya yang ambil bagian di timnas seperti Wahyu Tri, Slamet Nurcahyo dan Wahyu Tanto bisa memperkuat tim Sabtu nanti. ''Kita masih butuh pemantapan sebelum menjamu Persijap. Tapi kita tidak khawatir karena kita punya banyak alternatif pemain,'' imbuh dia.

Agus Yuwono sendiri mengaku tidak ada masalah dengan skuad asuhannya. Dia menilai tim siap menghadapi Persiba di Stadion Sultan Agung. Dia juga memastikan timnya akan tampil fight untuk mengejar poin absolut setelah tiga poin di kandang lepas ke tangan tim Juku Eja, julukan PSM.

''Tim kita baik-baik saja. Secara psikologis juga tidak ada masalah. Kalau soal kekalahan di Kediri tidak berpengaruh terhadap tim, karena sejak awal kita memang fokus ke liga. Jadi kami siap all out Sabtu nanti. Kami akan mencoba adaptasi lebih cepat agar bisa mengambil poin,'' kata dia. Sodik
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1268 seconds (0.1#10.140)